Keunikan Tanaman Hias Napenthes Yang Memikat Hati

Keunikan tanaman hias napenthes yang memikat hati-Nepenthes sebenarnya sudah dikenal sejak lama, lalu mencuat sejak tahun 1970-an. Di Indonesia, namanya kian populer sejak tahun 2006. Tanaman ini sebenarnya tumbuh sbur di rawa dan hutan tropis. Di Indonesia juga ada.

Dari 82 jenis yang sudah teridentifikasi, 64 jenis dijumpai di Indoensia. Bayangkan, betapa kayanya sumber daya negara ini.

Bentuk unik

Baca Juga:

Apa yang menyebabkan nepenthes naik daun lagi. Tentu saja bentuknya yang unik. Banyak kolektor tanaman hias yang mengagumi keunikan kantong semar ini. Tidak hanya kolektor lokal, sekarang di Asia dan dunia pun pemikatnya semakin bertambah.Keunikan Tanaman Hias Napenthes Yang Memikat Hati

Keikutsertaannya di ajang-ajang pameran tak kalah bersaing dengan tanaman hias lain. Tak hanya orang dewasa atau anak-anak, laki-laki atau wanita pun tertarik dengan tanaman yang berhiaskan kantong tersebut.

Alhasil, banyak orang yang memburu nepenthes di habitatnya. Mereka tertarik oleh iming-iming harga nepenthes yang tinggi. Nilainya antara ratusan sampai jutaan rupiah. Nepenthes yang mahal tentunya jenis langka atau sukar dibudidayakan.

Sekadar menyebut, Nepenthes hookerina atau N.trucata, dua di antaranya yang harganya hingga jutaan rupiah.Bentuk dan corak warna kantong yang semarak memberikan nilai artistik pada nepenthes dan menjadi daya tarik utamanya.

Pemburuan yang terus-menerus akan mengakibatkan kepunahan. Apalagi banyak pemain-pemain yang sekadar ikut-ikutan. Mereka hanya mengejar tren untuk mendapatkan harga bagus.

Boleh-boleh saja. Namun, nyatanya nepenthes yang diambil langsung dari hutan umumnya rentan dan kurang tahan di habitat barunya. Jumlahnya 70-80% mati.

gracilis

Bentuk kantong N.gracillis ini berupa oval dibagian bawah dan silinder di bagian atas. Kantong bawahnya dilengkapi dengan dua sayap berupa duri-duri kecil yang berjajar ke atas. Ini memudahkan serangga tanah untuk naik ke mulut kantong.

Corak warna pada kantong-kantongnya menambah semarak sosok tanaman tersebut. Untuk jenis N.gracillis warna kantong beragam, dari hijau, merah marun, atau cokelat kemerah-merahan.

rafflesiana

Artikel terkait

Nama ini mengingatkan kita pada sosok bunga raksasa, Rafflesia arnolid.N.rafflesiana memiliki kantong berukuran raksasa. Kantong bawahnya bahkan dapat menampung satu liter air.

Perpaduan warna merah marun dan lurik hijau/putih membalut rapi kantong bawah. Sedangkan kantong atas berwarna hijau kekuningan dengan lurik merah di bagian atas.

ampullaria

Kantong rosetnya yang yang seperti tempayan muncul bergerombol dari roset daun di atas permukaan tanah. Kadang ditemukan juga tumbuh menggantung pada batang tegak. Warna kantong beragam, ada yang berwarna merah dengan bibir merah atau hijau dengan bibir merah.

Kantong atasnya lebih kecil dari kantong bawah dan kantong roset, bahkan jarang terlihat keberadaannya.

Nepenthes yang ada di alam dilindungi Undang-undang karena populasinya sudah semakin menipis. Bahkan dalam perdagangan internasional sudah termasuk ke dalam daftar CITES. Oleh karena itu, nepenthes yang boleh dimiliki terbatas hanya pada hasil budi daya. Makanya, belakangan banyak orang sudah mulai membudidayakannya.

Nepenthes memang belum sepopuler aglaonema, keladi, philodendron, atau tanaman hias lain. Namun, peluang untuk mengembangkannya terbuka lebar. Apalagi saat ini belum banyak pemain yang konsentrasi menggeluti nepenthes secara khusus. Mulailah dulu belajar jenis, cara perawatan, dan kemudahan mengembangbiakkannya. Jika sudah siap semua, barulah silahkan Anda berbisnis.

Pindah Tempat

Siapa sangka nepenthes yang hidup di tepian rawa, semak-semak, dan dibawah pohon rindang ini menjadi tanaman cantik penghias rumah. Jika diamati, sosok tumbuhan merambat ini tidak seperti tumbuhan lainnya karena memiliki kantong besar yang tampil eksotis. Warna-warnanya juga memikat. Mungkin karena itulah tanaman ini diperhitungkan sebagai ornamental plant.

Keunikan lain, nepenthes mampu membunuh serangga yang terjebak masuk ke kantongnya. Sebut saja N.gracilis yang dapat memerangkap kumbang dan nyamuk. Kantong yang merupakan modifikasi ujung daun itu siap menjebak mangsanya setiap saat karena mulut kantong selalu terbuka pada tanaman dewasa.

Soal perawatan, nepenthes tidak rewel. Maklum, dihabitatnya, tanaman ini hidup dikondisi tanah yang minim hara. Apalagi, perkembangbiakannya tergolong mudah, mau setek pucuk atau menyemai biji. Yang utama adalah lokasi pemeliharaannya.

Lingkungan berkelembapan 50% wajib agar tanaman ini tumbuh subur. Jangan lupa untuk tidak menaruhnya di tempat yang terkena sinar matahari langsung, plus siram secukupnya. Nah, sekarang apakah anda sudah siap memelihara si kantong semar ini?

loading...
Keunikan Tanaman Hias Napenthes Yang Memikat Hati | Penulis | 4.5