Kriteria Mata Entres Tanaman yang Baik Dari Segi Pengerjaan dan Bentuk

Kriteria mata entres yang baik dari segi pengerjaan dan bentuk :

  • Mudah dikupas (menandakan bahwa kambiumnya / jaringan aktif).
  • Kelihatan bernas / sehat / segar.
  • Diambil dari ranting yang berdiameter 2-4 mm, atau diameternya sama dengan batang bawah.
  • Warna kulit sama dengan warna kulit batang bawah (ini menunjukkan kesesuaian secara fisiologis).

Pengambilan/pengupasan pola mata entres dari atas ke bawah. Syarat mutlak agar tempelan jadi adalah pola mata entres harus melekat/menempel rapat pada sisi bawah dan salah satu sisi samping, sedangkan sisi atas dan sisi samping lainnya tidak melekatpun tidak apa-apa, tetapi lebih sempurna kalau semua sisi menempel rapat (tetapi keadaan tersebut sulit dicapai). Ukuran sayatan mata tempel sedikit lebih kecil dari ukuran sayatan batang bawah. Selain itu juga batang disayat agak dalam sehingga menembus kayu.images (2)

Tangan kiri memegang ranting yang akan diambil mata entresnya, ibu jari tanangan kiri menahan ranting dan membantu mendorong ke arah atas saat silet ditangan kanan mulai bergerak membuat sayatan menembus kayu, panjang sayatan sekitar 0.5-1 cm diatas mata entres dan 0.15-1 cm dibawah mata entres (sayatan mata entres sepanjang sekitar 1-1.5 cm), sayatan untuk pengambilan entres harus dengan satu gerakan mulus searah dan tidak boleh dengan gerakan terputus-putus.

Baca Juga:
Artikel terkait

Setelah sayatan melewati mata entres Anda membuat keratan melingkar mengarah miring ke dalam menghubungkan kedua sisi sayatan bidang pola mata entres, untuk memisahkan mata entres dengan kayu dengan cara mengait pola dengan ujung silet atau dengan kuku jari dengan sontekan halus sehingga terlepaslah kulit yang membawa mata entres dengan kayu dan sayatan kayu tidak terlepas dari ranting.

Apabila ranting yang terdapat mata entres terlalu kecil, biasanya sayatan ikut melepaskan kayu terikut dengan sayatan, kalau itu terjadi kita masih dapat memisahkan mata entres dengan kayu tersebut dengan sontekan ujung silet yang hati-hati. Kemudian rapikan irisan sisi bawah entres untuk menghindari irisan sisi bawah entres dari kotoran atau infeksi, yang menjadi perhatian pola sayatan mata entres harus bersih dari kayu dan apabila dilihat tidak meninggalkan lubang di bekas kulit mata entres, maka sayatan pola mata entres tersebut siap untuk ditempelkan.

Menempelkan mata entres ke sayatan batang bawah

  • Ambil sayatan mata entres, masukkan, letakan, tempelkan, tancapkan dan tekan entres pada sisa sobekan di batang bawah.
  • Prinsipnya semakin cepat penempelan dari pengambilan entres semakin baik, persen jadinya makin tinggi.
loading...
Kriteria Mata Entres Tanaman yang Baik Dari Segi Pengerjaan dan Bentuk | Penulis | 4.5