Kriteria Tunggul Baik Untuk Dijadikan Pohon Bonsai

Banyak tunggul yang bisa ditemukan, beberapa Kriteria tunggul baik untuk di jadikan pohon bonsai.Tetapi tidak semua tunggul tersebut baik atau cocok untuk dijadikan bakalan bonsai. Untuk dapat dipilih sebagai bahan bonsai, tunggul tersebut harus memenuhi beberapa kriteria.

Harus diingat bahwa jenis tanaman memegang peranan yang penting. Yang dipilih hanyalah tunggul dari jenis-jenis tanaman tertentu saja.

Jenis tanaman yang baik diambil tunggulnya adalah tanaman berkayu keras. Tanaman berkayu keras mempunyai daya tahan yang baik, tidak cepat lapuk, dan lekas sembuh bila mengalami luka.images (26)

Baca Juga:

Tanaman tersebut sebaiknya memiliki daun yang berukuran kecil. Proporsi daun yang kecil patut mendapat perhatian karena tujuannya adalah mendapatkan tanaman kerdil.

Umur tanaman yang panjang juga merupakan suatu hal yang tak kalah penting. Sebagai seni yang hidup, maka umur tanaman yang panjang akan menunjang keberadaan tanaman kerdil sehingga dapat dinikmati lebih lama. Bahkan, bisa saja tanaman tersebut dapat dinikmati lebih lama. Bahkan, bisa saja tanaman tersebut diwariskan pada generasi selanjutnya.

Di Jepang banyak sekali bonsai yang sudah berumur ratusan tahun. Perawatan tanaman tersebut dilakukan terus menerus dari beberapa generasi. Sebagai peninggalan yang kerdil dan antik, tanaman seperti ini memberi nilai lebih dari sekadar koleksi turun temurun.

Setelah menemukan jenis yang dianggap tepat untuk dikoleksi, maka yang harus diperhatikan selanjutnya adalah sosok tunggul yang hendak diambil itu. Walaupun jenis tanaman lebih menentukan yang hendak diambil itu. Walaupun jenis tanaman lebih menentukan nilai atau kualitas suatu tunggul, tetapi penampilan tunggul sendiri ikut memberikan andil yang besar.

Yang pertama mendapat perhatian dari para penikmat atau pecinta bonsai adalah sosok tanaman yang dapat langsung mereka amati. Apabila penampilan tunggul tersebt jauh dari kesan yang hendak dimunculkan dari suatu bonsai, maka nilainya pun akan menurun drastis.

Tunggul yang baik sebagai bakalan bonsai adalah tunggul yang pangkal batangnya besar. Lebih bagus lagi kalau pangkal batangnya menggembung dan makin mengecil ke atas. Kesan tua dan suatu berwibawa dari tanaman akan muncul.

Cabang tunggul yang baik adalah yang penuh dengan ranting. Pada ranting atau cabang tersebut tumbuh daun yang banyak terdapat dekat dengan batang.

Batang tunggul boleh lurus dan bengkok. akan tetapi, batang yang sudah bengkok secara alami memiliki nilai lebih karena dianggap sudah mempunyai nilai seni dari asalnya. Batang yang lurus nantinya dapat dijadikan bonsai tegak atau miring. Dapat juga dibentuk menjadi tumbuh berliku ataupun menggantung dengan teknik tertentu yang memakan waktu dan kesabaran.

Nilai lebih yang dimiliki suatu tanaman dapat dilihat pada bagian-bagian tertentu. Kadang-kadang keindahan pada bagian tersebut begitu mempesona sehingga perhatian lebih banyak terpusat ke bagian itu. Nilai lebih yang dapat dilihat itu antara lain sebagai berikut.

  1. Tekstur kulit batang yang menarik.
  2. Buah yang bentuknya unik dan menarik, apalagi yang warnanya cerah dan bagus.
  3. Akar sulur atau akar tunjang yang muncul.
  4. Bentuk batang yang tak lazim, misalnya tumbuh berliku-liku, menggantung, atau ukurannya yang luar biasa.
  5. Bunga yang indah, berwarna-warni, dan harum semerbak.

Pohon yang dari asalnya sudah tumbuh kerdil banyak dicari para pemburu bakalan bonsai. Akan tetapi, pohon seperti ini tidak gampang didapat. Begitu juga tanaman yang memiliki cacat alami. Tanaman dengan batang berongga, sebagian batang keropos sebagian batang tersambar petir, kulit terkelupas, cabang atau tunggul yang juga memiliki nilai lebih.

Cacat atau kerusakan alami pada tanaman lebih dihargai dari pada cacat buatan. Alasannya, cacat alami pada tanaman memiliki bentuk khas dan unik yang sulit ditiru atau dibuat oleh manusia. Mungkin maestro bonsai atau seniman pahat yang terampil mampu membuat atau meniru cacat alami pada tanaman, akan tetapi secara keseluruhan tentu nilai keindahannya masih di bawah yang benar-benar alami.

Bisa saja sewaktu asyik berkeliling mencari-cari tunggul Anda menemukan jenis tanaman yang masih asing dan penampilannya terlihat unik. Menurut pikiran Anda jenis tanaman tersebut potensial sebagai bakalan bonsai. Jangan lantas menjadi ragu. Asalkan kriteria dasar tanaman terpenuhi dan dari segi fisik tuggulnya sudah baik, maka tunggul terebut dapat diambil.

loading...
Kriteria Tunggul Baik Untuk Dijadikan Pohon Bonsai | Penulis | 4.5