Kualitas Bibit Euphorbia Mempengaruhi Kelebatan Bunganya

Untuk melebatkan bunga, euphorbia yang dipilih harus telah diketahui jenis dan teknik perbanyakan. Hal tersebut dilakukan untuk menghindari kekecewaan karena munculnya bentuk bunga dan warna yang tidak dikehendaki.

Jangan dipilih bibit yang berasal dari biji

Bibit sebaiknya tidak berasal dari biji karena belum tentu memiliki bentuk bunga yang indah seperti induknya. Hal ini disebabkan oleh adanya penyerbukan alami oleh serangga. Dengan kata lain, keturunannya belum tentu sama dengan induknya.

Baca Juga:

Bibit asal biji boleh digunakan bila telah diketahui bentuk dan warna bunga serta karakter tanaman saat dewasa. Untk itu, biji harus berasal dari penyerbukan buatan yang diatur silsilah keturunannya.

Saat pertama kali dikenal di Indonesia, bibit euphorbia asal grafting yang banyak diburu kolektor. Namun, karena perbanyakan setek jauh lebih mudah dibandingkan dengan sambung batang, bibit asal setek lebih populer di kalangan hobiis.images (2)

Artikel terkait

Untuk itu, bibit yang dipilih sebaiknya berasal dari setek dan sudah  diketahui asal-usulnya agar lebih cepat berbunga. Bibit asal setek berasal dari satu induk yang memiliki sifat sama dengan induknya.

Pastikan batang atas pada teknik sambung berasal dari jenis berpenampilan menarik

Selain menggunakan setek, bibit dapat diperoleh dari grafting atau sambung batang. Oleh karena bagian atas atau pucuk yang disambung maka cara ini juga dikenal dengan sebutan sambung pucuk atau top grafting.

Cara ini mempunyai dua kelebihan. Kelebihan pertama adalah tanaman yang didapat lebih unggul dari induknya. Batang atas rajin berbunga dan kompak, sedangkan batang bawah -umumnya jenis lokal- lebih adaptif dengan lingkungan sehingga lebih tahan serangan hama dan penyakit.

Sementara kelebihan kedua, yaitu satu tanaman dapat disambung dengan beberpa jenis euphorbia lain yang unggul. Satu tanaman dapat dipasang dengan lebih dari dua jenis yang berbeda. Dengan demikian, penampilan tanaman akan lebih semarak dengan bunga berwarna-warni.

Bila bibit berasal dari grifting, pastikan batang atas berasal dari jenis hibrida yang mempunyai penampilan menarik. Lihat pula kondisi batang secara keseluruhan. Bibit asal grafting yang baik berasal dari batang bawah dan atas yang sehat.

loading...
Kualitas Bibit Euphorbia Mempengaruhi Kelebatan Bunganya | Penulis | 4.5