Lima Jenis Kuntum Bunga Anggrek

Lima jenis kuntum bunga Anggrek.Bunga anggrek tersusun dalam rangkaian. Jumlah kuntum beragam, ada yang tunggal dan ada yang banyak. Tipe pembungaannya tunggal (soliter), tandan (raceme), dan malai (painle). Bunga tersebut bisa terletak di terminal (acranthe, ujung), tetapi pada sebagian besar jnis lainnya letaknya lateral (pleuranthe, di samping).

Ada lima bagian utama yaitu sepal (daun kelopak), petal (daun mahkota), stamen (benang sari), pistil (putik), dan ovari (bakal buah). Sepal anggrek berjumlah tiga buah. Bagian atas disebut sepal dorsal, sedangkan dua lainnya disebut sepal lateral.Lima Jenis Kuntum Bunga Anggrek

Petal ada tiga buah. Yang pertama dan kedua letaknya berseling dengan sepal. Petal ketiga mengalami modifikasi menjadi labelum (bibir). Labelum kadang disebut lidah karena bentuknya seperti lidah.

Baca Juga:

Labelum anggrek umumnya berwarna lebih cerah daripada sepal dan petal. Di bibir bunga terdapat gumpalan-gumpalan seperti massa sel (callus) yang mengandung protein, minyak,  dan zat pewangi. Callus berfungsi menarik serangga hinggap ke bunga dan mengadakan polinasi (penyerbukan).

Artikel terkait

Bentuk perianthium (perhiasan bunga) dari bunga anggrek bervariasi. Susunan petal dan sepal bunga anggrek ada yang terbuka (open), saling bersentuhan dan bersinggungan (fouching), serta saling tumpang tindih atau menutupi (overlapping).

Di bagian tengah buga terdapat gynandrium atau columna (tugu). Kedua organ tersebut merupakan tempat alat reproduksi jantan (androecium) dan alat reproduksi betina (gynoecium). Columna pada setiap genera memiliki bentuk yang bermacam-macam.

Biasanya columna terdapat anther (kepala sari) yang merupakan massa atau gumpalan serbuk sari yang disebut polinia yang tertutup dengan serbuk cap (anther cap). Anther yang mengandung polinia tersebbut melekat pada caudiculus.

Stigma (kepala putik) terletak di bawah rostelum menghadap ke labelum. Stigma merupakan rongga atau lubang yang dangkal berisi cairan kental (agak lengket), tempat meletakkan pollen dan masuknya tabung pollen ke dalam ovari pada waktu polinasi (penyerbukan).

Ovarium bersatu dengan dasar bunga dan terletak di bawah columna, sepal, dan petal. Kedudukan ovarium yang demikian ini disebut ovarium inferior.

loading...
Lima Jenis Kuntum Bunga Anggrek | Penulis | 4.5