Lokasi Yang Cocok Untuk Menempatkan Bunga Philodendron

Lokasi yang cocok Untuk menempatkan Bunga Philodendron-Philodendron termasuk tanaman teduh (suka naungan ) dapat diletakkan di dalam ruangan yang cahayanya tidak terlalu terang. Tanaman ini dapat tumbuh baik di pojok ruangan yang suram atau mendapatkan sinar lampu 50-200 foot candles.

Bisa juga ditempetkan di tempatkan di dekat jendela yang menghadap ke utara atau selatan atau agak jauh dari jendela.

Hal ini penting karena tanaman ini tetap membutuhkan sinar matari untuk pertumbuhannya. Bila tanaman diletakkan di tempat terang, maka harus rajin memutarnya agar semua bagian tanaman mendapat sinar matahari dalam jumlah memadai.

Baca Juga:

Pemakaian lampu fluorescent memang bisa membantu memenuhi kebutuhan  cahaya. Namun, perlu dipertimbangkan tingkat intensitas dan penempatannya. Pemasangan lampu terlalu dekat dengan tanaman meningkat suhu di sekitar sehingga daun menjadi kering. Sebaliknya, lokasi terlalu gelap juga membuat daun philo kusam/pucat.

Bila menginginkan philo menjadi penghuni di ruangan dalam, maka sebaiknya dikeluarkan seminggu sekali ”penyegaran”. Lebih lagi memiliki 2 tanaman, atau lebih sehingga bisa di pajang secara bergantian dengan sistem rolling.

Ketika tanaman lama dikeluarkan, tanaman pengganti bisa dimasukkan ke ruangan, kemudian. Demikian seterusnya sehingga indahnya daun philo senantiasa ada di dalam ruangan.Lokasi Yang Cocok Untuk Menempatkan Bunga Philodendron

Artikel terkait

Keluar masuknya tanaman bisa diprogram, misalnya seminggu sekali atau 2 minggu sekali. Waktu nya tergantung dari daya tahan masing-masing philo, Setiap jenis philo memiliki sifat dan karakter sendiri sehingga perlu mendapat penanganan yang berbeda pula.

Philodendron martianum atau populer dengan philo eceng mampu bertahan hingga 2 minggu, sementara philodendron ”Marble” cukup seminggu berada di dalam ruangan. Terlalu lama di dalam ruangan membuat daunnya pucat.

Segera bawa ke luar dan letakkan di tempat yang teduh. Cara lain, dengan menjemurnya setiap pagi dari pukul 07.00 hingga pukul 09.00. Setelah itu, philo diletakkan diteras rumah/tempat teduh untuk sementara waktu sambil menunggu tanaman lainnya.

Jangan menempatkan tanaman dilokasi yang panas karena perubahan suhu terlalu drastis menyebabkan stres. Pemindahan sementara bertujuan agar tanaman tetap sehat dan kondisi prima.

Philo yang diletakkan di ruangan ber-AC terlalu lama dapat menyebabkan daun kering dan warna daun hijau kusam. Untuk mengatasi dengan menempatkan tanaman di luar ruangan yang teduh selama 2-3 minggu . Bila kondisinya sehat lagi, tanaman dimasukkan kembali.

Selain sinar matahari yang cukup, philo butuh lokasi bersuhu sejuk dan lembap. Kelembapan terlalu tinggi mencegah penguapan sehingga persediaan air di tubuh tanaman terjaga. Dengan begitu, proses fotosintesis berlangsung lancar.

Untuk mengupayakan agar kelembapan tetap stabil dengan cara menyemprot air atau pemakaian alas di bawah pot. Penyiraman pun seperlunya saja karena penguapan minim. Jadi, air di dalam media dapat bertahan lama. Tunggu media kering baru disiram air lagi.

Caranya, periksa media dengan mengorek hingga terlihat bagian dalam. Kadang bagian atas kering, tetapi tenaghnya ternyata masih terlihat basah. Kalau masih basah, sebaiknya tidak disiram terlebih dahulu. Air berlebihan justru memacu munculnya busuk batang.

loading...
Lokasi Yang Cocok Untuk Menempatkan Bunga Philodendron | Penulis | 4.5