Manfaat Dan Keuntungan Memangkas Ranting Tanaman

Tujuan dilakukannya pemangkasan banyak macamnya. Diantaranya pemangkasan dengan tujuan agar tanaman tampak kokoh. Seingga pemangkasan untuk membentuk habitus (kanopi) tanaman agak tampak pendek, pemangkasan yang kedua bertujuan untuk perawatan, agar cabang dan pertumbuhannya seimbang, dan pemangkasan yang ketiga bertujuan untuk mempercepat pembungaan dan pembuahan. Akan tetapi pemangkasan ini banyak manfaatnya, diantaranya untuk menjaga kesehatan dan meningkatkan produksi. Pemangkasan juga mampu menjaga kelebapan tanaman sehingga tak mudah terserang hama dan penyakit. Berdasar umur tanaman, pemangkasan terbagi menjadi tiga, yaitu pemangkasan tanaman yang sudah menghasilkan.images (10)

Artikel terkait

Pemangkasan dengan tujuan pembungaan dan pembuahan dilakukan dengan menggunakan metode pemangkasan tajuk. Pemangkasan tajuk ini disesuaikan dengan jenis tabulampotnya. Ada tabulampot yang harus dipangkas secara rutin, ada pula tabulampot yang hanya dipangkas ringan untuk mengarahkan pertumbuhannya yang tidak teratur.

Pemangkasan pertama dilakukan saat tanaman berumur kurang dari setahun, atau tinggi batang sekitar 75 – 100 cm dari permukaan pot. Cara pemangkasannya, pilih 3 cabang primer. Apabila panjang cabang primer mencapai 50 cm, pangkas ujungnya hingga tumbuh cabang-cabang sekunder. Pilih hanya tiga cabang sekunder per cabang primer. Selanjutnya, pangkas ujung cabang sekunder sampai tumbuh cabang tersier, dan pilih hanya tiga cabang tersier. Cabang seperti ini biasanya kurang berpotensi menghasilkan buah. Nah, dari ketiga cabang tersier inilah akan terjadi pembungaan dan pembuahan.

Baca Juga:

Sebelum Anda melakukan pemangkasan, satu minggu sebelumnya tabulampot harus dipupuk dengan 1 sendok makan NPK atau 1 kg pupuk organik. Pemupukan ini bertujuan agar tabulampot segera tumbuh tunas-tunas baru setelah diberi perlakuan pemangkasan.

loading...
Manfaat Dan Keuntungan Memangkas Ranting Tanaman | Penulis | 4.5