Manfaat Tanaman Bunga Jika Menggunakan Pot

Manfaat tanaman bunga jika menggunakan pot.Sebenarnya Tanaman bunga-bunga pot telah lama hadir sebagai penghias ruangan. Krisan pot, misalnya, mulai dikenal pada tahun 1988. Bahkan saat pertama kali ia mencoba menanam, varietas bunga diambil dari jenis bunga potong. Sejak saat itu masyarakat mulai mengenal sosok krisan dalam pot.

Krisan-krisan pot akhirnya banyak dikenal masyarakat dan mulai memasuki gedung-gedung bertingkat. Kebutuhan bunga pot pun meningkat pesat. Permintaan yang terus mengalir ini ternyata tidak didukung oleh jumlah bunga yang bisa diproduksi. Akibatnya mulailah bermunculan produsen bunga-bunga pot lain yang tertarik terjun ke bisnis tersebut. Di antaranya yang tregolong besar adalah Saung Mirwan, Alam Indah Nusantara, dan Ostra Farm.

Bisnis bunga pot makin berkembang memang seiring dengan kebutuhan masyarakat perkotaan terhadap lingkungan sekitar yang asri, nyaman, dan dinamis. Lahan yang terbatas menjadi salah satu penyebab makin sedikitnya jumlah populasi tanaman yang ada di perkotaan.manfaat bunga dalam sebuah pot

Baca Juga:

penghias ruangan

Maraknya bunga-bunga pot yang menghias ruangan bisa disaksikan dibeberapa gedung bertingkat. Sebagai gambaran diberikan contoh beberapa gedung di Jakarta yang memanfaatkan keindahan bunga pot ini. Indosat misalnya, memanjang deretan bunga krisan di ruang tunggu dan ruang eksekutif.

Gedung yang terletak di Jalan Medan Merdeka Barat deengan arsitektur bangunan yang bergaris tegas spintas tampak kaku dan kokoh sekali. Namun, begitu memasuki ruang tunggu di bagian depan, semarak yang diatur di dalam wadah stainless steel amat mengubah suasana. Warna-warna merah, kuning, bercampur putih menciptakan kesan alami dan dinamis lingkungan disekitarnya.

Ruang tunggu di bagian dalam pun dipenuhi oleh pot-pot krisan yang dilapisi dengan wadah rotan. Bedanya, krisan di sini dipajang soliter di atas meja-meja kayu. UntukĀ  itu, tak kurang dari 75 pot krisan dipasok oleh perental tanaman setiap minggunya. Selain krisan, di halaman luar pun ditata beberapa pot keramik dan stainless steel berisi anggrek-anggrek dendrobium.

Artikel terkait

Selain perkantoran, kalangan perhotelan pun termasuk konsumen penting pemasaran bunga-bunga pot ini. Hotel indonesia, yang 70% pengunjungnya adalah wisatawan domestik, setiap minggunya membutuhkan 100 krisan pot untuk menghias lobi utamanya.

Sebagai hotel yang telah berdiri sejak 35 tahun yang lalu, penampilan bunga pot diharapkan dapat menciptakan kesan khusus, yaitu suasanan yang segar dan asri. Dengan demikian, pengunjung akan merasa puas dengan pelayanan yang diberikan oleh hotel ini. Hal tersebut juga menunjukkan kepedulian Hotel Indonesia terhadap lingkungan di sekitarnya.

Disamping gedung-gedung bertingkat, tempat-tempat umum seperti Bandara Soekarno-Hatta juga menggelar anggrek pada zona-zona strategis. PT Indoneia Orchid Semesta bekerja sama dengan PT Angkasa Putra II menata anggrek-anggrek di lintasan keberangkatan, lintasan kedatangan, ruang transit, dan ruang pengambilan barang.

Bunga pot yang disusun apik dan didesain di atas wadah yang eksotik menambah indah pemandangan sekitar bandara. Desain tanaman dan wadah yang telah diselaraskan dengan ornamen bangunan menciptakan perpaduan harmonis keseluruhan elemen disana. Keberadaan anggrek yang didominasi jenis dendrobium ini sekaligus memperkenalkan kekayaan alam Indonesia kepada pengunjung.

Penetral Bahan Beracun

Selain menjadi penyegar suasana, kehadiran bunga pot dalam ruangan juga berdampak positif pada kesehatan manusia. Afa suatu hasil penelitian NASA (National Aeronautics Space Administration = badan antariksa AS) mengenai tanaman yang menimbulkan ide bagi England’s Flower and Plants Association untuk mengembangkannya lebih lanjut.

Asosiasi bunga dan tanaman di Inggris itu mengadakan penelitian untuk mengetahui lebih jauh fungsi tanaman pot di dalam ruangan. Caranya, dengan memasukkan beberapa tanaman dalam tabung yang rapat dan diberi polutan berupa bahan kimia beracun.

Majalah Floriculture edisi Januari 1996 menyebutkan bahwa beberapa tanaman bunga dalam pot, yaitu krisan dan spatifilum, dapat menyerap trikloroetilen dan benzena. Kemampuan kedua jenis bunga pot itu untuk menyerap trikloroetilen masing-masing 41% dan 50%, sedangkan untuk benzenanya sebesar 41% dan 80%.

Bahan kimia tersebut terdapat pada tinta cetak, bahan pembersih dry cleaning , pernis, lem, cat, karet, deterjen, dan bensin. Hal itu menunjukkan bahwa kehadiran tanaman pot terbukti tak hanya berfungsi sebagai penghias ruangan yang mendatangkanĀ  keindahan dan kesegaran, tetapi juga berpengaruh baik terhadap kesehatan.

loading...
Manfaat Tanaman Bunga Jika Menggunakan Pot | Penulis | 4.5