Media Tanam Arang kayu Untuk Bunga Anggrek

Media tanam arang kayu untuk bunga anggrek.Media arang umumnya digunakan dalam bentuk potongan-potongan, terutama untuk tanaman berukuran remaja atau dewasa. Ukuran potongan disesuaikan dengan besar kecilnya tanaman dan pot. Makin besar tanaman, makin besar pula ukuran potongan arang serta pot atau wadahnya. Sifat pot atau wadahnya.

Sifat arang antara lain tahan lama, tidak mudah ditumbuhi fungi dan bakteri, dapat menyerap senyawa toksik atau racun dan melepaskannya kembali pada saat penyiraman. Sayangnya, arang sukar menyerap air. Arang hanya mampu mengikat air di bagianĀ  permukaan saja dan miskin unsur hara.

Arang bisa menjadi pilihan penganggrek di daerah berkelembapan tinggi sehingga kebusukan akar dan tunas anakan dapat dihindari karena akar senantiasa kering. Karena sulit menyimpan air dan miskin hara, maka frekuensi penyemprotan air dan pupuk perlu ditingkatkan. Komposisi kimiawi arang kayu sebagian besar mengandung karbon (C), sedangkan kandungan sulfur (S) dan fosfor (P) sangat sedikit, serta abu.Media Tanam Arang kayu Untuk Bunga Anggrek

Baca Juga:

Serutan dan potongan kayu

Serutan atau potongan kayu dapat pula jadi pilihan media. Untuk itu, pilih bahan yang berasal dari pohon atau tanaman tua. Keunggulannya aerasi dan drainase baik; banyak rongga-rongga udara sehingga akar tanaman leluasa tumbuh dan berkembang.

Proses pelapukan lambat karena mengandung senyawa-senyawa yang sulit terdekomposisi, seperti selulosa, hemiselulosa, dan lignin.

Artikel terkait

Kelemahan serutan atau potongan kayu yaitu daya simpan air kurang baik dan miskin unsur N. Media ini juga sering digunakan untuk menanam anggrek terestrial, yaitu anggrek yang tumbuh di permukaan tanah serta membutuhkan cahaya matahari penuh. Penggunaan media serutan kayu ini biasanya dicampur dengan kompos atau pupuk kandang yang telah steril.

Pecahan batu-bata atau genting

Pada umumnya, pecahan batu-bata atau genting diletakkan di dasar pot. Tujuannya memperbaiki aerasi dan drainase udara dalam pot. Pengisian pecahan batu-bata atau genting jumlahnya kira-kira sepertiga (1/3 bagian) dari tinggi pot atau tergantung dari tingkat kelembapan yang dibutuhkan. Selain itu, pecahan batu-bata atau genting juga berfungsi agar wadah atau pot yang digunakan tidak mudah rebah.

Adanya rongga-rongga udara di antara pecahan batu-bata atau genting memberi kebebasan akar anggrek untuk tumbuh dan berkembang ke segala arah. Di samping itu juga sebagai tempat atau jalan masuk oksigen yang diperlukan oleh akar untuk proses respirasi.

Media itu juga dapat menjaga tingkat kelembapan. Pecahan batu-bata mudah dan banyak menyerap serta menyimpan air dibandingkan dengan pecahan genting. Namun, demikian pecahan batu-bata lebih cepat ditumbuhi algae (ganggang) dibandingkan dengan pecahan genting.

Penggantian media baru

Penggantian media baru (repotting) perlu dilakukan karena

  1. Tanaman dalam pot atau wadah sudah terlali penuh atau padat yang mengakibatkan pertumbuhan tanaman tidak optimal lagi,
  2. Media lama sudah hancur karena mengalami dekomposisi sehingga bersifat asam dan dapat mengakibatkan menjadi sumber penyakit.
loading...
Media Tanam Arang kayu Untuk Bunga Anggrek | Penulis | 4.5