Media Tanam Bibit Philo Eceng

Media tanaman bibit philo eceng.Tidak kalah utama dalam penanaman bibit philo eceng ialah media tanam. Saat ini, hobiis dapat memperoleh aneka media tanaman philo eceng di nursery atau penjual tanaman. Komposisi media tanaman yang ditawarkan cukup bervariasi, ada yang telah dikomposisikan untuk tanaman tertentu atau hanya sekadar media utama saja.

Harga yang tertera pun cukup bervariasi, tergantung jenis media dan campurannya. Menggunakan media langsung pakai memang dinilai lebih praktis, namun tak ada salah nya jika hobiis mencoba meracik sendiri media sesuai kebutuhan tanaman dan lokasi penanaman. Siapa tahu hobiis mendapatkan formulasi yang tepat untuk philo eceng kesayangan.

Kualiatas philo eceng dapat tampil optimal bila ditanam dalam media yang tepat . Pada prinsipnya, media philo eceng harus bersifat porous dan kaya bahan organik. Apabila media terlalu padat, pergerakan akar akan terbatas dan kemampuan tanaman dalam memproses unsur hara terhambat.

Baca Juga:

Air siraman pun akan mengenangi wadah dan memacu pembusukan akar. Sebaliknya, andai media memiliki porositas terlampau tinggi, air siraman dapat meluncur bebas keluar wadah tanpa sempat diserap akar tanaman.images (2)

Terdapat beragam komposisi media tanam demi menyongkong hidup philo eceng. Seorang hobiis berpengalaman biasanya memiliki formula rahasia yang diperolehnya berdasarkan kondisi di lapangan.

Artikel terkait

Philo eceng memiliki akar yang regas dan mudah patah bila berhadapan dengan media terlalu padat. Penggunaan media tanam pupuk kandang, kompos, humus, dan tanah dalam takaran besar pada philo eceng sebaiknya dihindari, terutama saat usia tanaman masih muda. Selain terlalu padat, media tersebut akan memudahkan munculnya hama penyakit bila kurang steril.

Media tanam ideal untuk philo eceng sebaiknya agak sedikit renggang, namun dapat menyongkong bobot tanaman. Penggunaan batang pakis dan arang sekam merupakan media sempurna untuk philo, terutama pada masa penyemaian.

Jika perlu, media dapat disterilkan dari jamur dan bakteri dengan cara mengukus selama satu jam atau merendamnya dalam cairan fungisida selama 0,5-1 jam.

Kadar pH netral yang direkomendasi untuk menyongkong pertumbuhan tanaman unik ini diantara 6,6-7,5. Gunakan media berporositas tinggi pada lokasi penanaman sejuk dan bercurah hujan tinggi untuk memudahkan air berlebih keluar. Sebaliknya, pada daerah agak panas seperti Jakarta dan Surabaya, gunakan formulasi media yang mampu menahan air lebih lama.

Kelembapan media tanam bisa dipertahankan dengan menaruh bata merah, pecahan genting, atau potongan gabus (styrofoam) dibagian dasar, mencapai 1/5-1/4 tinggi pot. Pilihan lain ialah menambahkan coco peat pada media sebanyak 10-20%.

Kemudian, baru dimasukkan komposisi media yang telah diracik ke dalam pot. Penggunaan batu alam (batu kali) sebanyak 2-5 buah di atas permukaan pot dapat digunakan untuk menyerap panas sekaligus menjaga kelembapan media.

Selain itu, penggunaan batu dapat menahan tegaknya batang bila media tak terlalu padat, khusunya pada media bongkahan batang pakis. Untuk memperoleh philo eceng berkualitas prima memang tak sembarangan, diperlukan tangan dingin serta kasih sayang hobiis untuk merawatnya.

loading...
Media Tanam Bibit Philo Eceng | Penulis | 4.5