Media Tanam Bunga Euphorbia

Media tanam Bunga euphorbia.Mata siapapun pasti akan memandang Bunga Euphorbia milii. Tak salah bila tanaman asal Madagaskar ini menjadi primadona baru di jagat tanaman hias tanah air. Munculnya euphorbia hibrid berbunga warna-warni ini bagai magnet yang menyedot perhatian.

Apalagi tanaman ini tidak berhenti memamerkan bunga, selalu muncul secara bergantian. Bahkan satu dompol terdiri dari 6-16 kuntum hingga menyelimuti seluruh batang. Beberapa jenis bunganya tahan lama hingga 3 bulan, bahkan setahun.

Bentuk bunganya seperti angka delapan. Itulah sebabnya disebut dengan tanaman delapan dewa. Ukurannya pun bervariasi, ada yang lebar sebesar tatan gelas dan kecil sebesar kancing baju.

Baca Juga:

Tak cuma warna, bentuk bunganya beragam. Ada yang lonjong, menekuk, dan bertumpuk. Ada strip di bunga membuatnya tampil lebih cantik.media tanam bunga euphorbia

Artikel terkait

Tanaman yang disebut crown of thorns ini diyakini sebagai pembawa keberuntungan (paysian-istilah di Thailand). Semakin banyak bunga, maka semakin berduri ini pun dipercaya untuk mengusir roh jahat. Itulah sebabnya tanaman ini dipajang di depan pintu rumah.Sayarat tumbuh serta media tanam bunga Euphorbia sebagai berikut.

Syarat hidup          :                                            Penempatan

Kelembapan               : sedang                                – Di pot untuk penghias teras

Sinar matahari           : sedang-banyak                 – Elemen taman

Suhu                             : 29-33 derjat Celcius

Berbunga Kompak

Meski relatif tahan banting, euphorbia butuh perawatan yang baik agar tumbuh sehat dan semarak bunga. Kuncinya pada pemilihan media, penyiraman, dan pemupukan yang tepat. Medianya harus porous, berupa campuran serbuk kelapa, sekam bakar, dan pasir dengan perbandingan 4: 4: 2.

Tanaman ini tidak menyukai air sehingga berikan seperlunya saja agar media tidak kering kerontang. Terlalu banyak air dapat mengakibatkan pupuk NPK 20 : 20 : 20 sebanyak 1 g/liter air seminggu sekali.

loading...
Media Tanam Bunga Euphorbia | Penulis | 4.5