Media Tanam Bunga Nepenthes

Media Tanam bunga nepenthes.Flora yang unik ini sebenarnya bukan tanaman hias baru tanaman hias baru. Penggemarnya sangat banyak. Sebanyak 60 spesies berasal dari Indonesia. Si kantung semar-sebutan lain nepenthes ini disuka karena sosoknya lucu dan unik mirip tabung atau kantung sebesar jempol orang dewasa.

Warnanya juga menarik, mulai dari hijau muda, hijau gelap, hingga kecokelatan. Beberapa di antaranya ada yang berlurik-lurik merah sehingga tampak cantik.

Kantung-kantung itu melekat di ujung daun, menjuntai kebawah. Yang disebut kantung sebenarnya bukan bunga, tapi daun yang berubah fungsi menjadi alat untuk memperoleh nutrisi. Kantung ini berfungsi untuk memikat serangga.Media tanam bunga nepenthes

Baca Juga:
Artikel terkait

Itulah sebabnya disebut carniflora-tanaman pemakan serangga. Sedangkan yang tampak mirip daun adalah tangkai daun yang melebar seperti tangkai daun. Sosok pitcher plant yang perdu ini cocok untuk penghias teras rumah. Sayang, insectivorous plant ini merupakan flora yang dilindungi sehingga jumlahnya masih terbatas. Pantas, bila harga periuk monyet ini mahal sekali.

Syarat hidup:

Kelembapan        : sedang

Sinar matahari   : sedang

Suhu                     : 22-34 derjat Celcius

Penempatan   :

  • Di teras

Media Lembap

Di habitat alam, nephenthes hidup di bawah pohon besar atau padang rumput. Tanaman ini butuh sinar matahari dan kelembapan yang cukup. Intensitas sinar matahari terlalu kuat dapat menyebabkan daun terbakar.

Agar lingkungan lembap, medianya berupa coco peat, pasir, gambut, cacahan pakis, dan sphagnum moss. Media harus selalu lembap dengan menyiram setiap hari.

Meski hara telah di cukupi dari serangga yang tertangkap, sorok raja mantri-sebutan nepenthes di Jawa Barat ini dapat di tambahkan pupuk berkadar N tinggi dengan dosis rendah untuk pertumbuhannya.

loading...
Media Tanam Bunga Nepenthes | Penulis | 4.5