Media Tanam Pakis Untuk Anggrek

Media tanam pakis untuk anggrek.Pakis berasal dari batang tumbuhan paku-pakuan.  Pakis baik digunakan sebagai media karena mampu mengikat dan menyimpan air dengan baik;  aerasi dan drainase udara baik; lapuk secara perlahan-lahan sehingga mengurangi frekuensi penggantian media; dan mengandung unsur hara yang diperlukan untuk pertumbuhan anggrek.

Pakis dapat digunakan dalam bentuk cacahan, potongan, atau lempengan. Untuk bibit yang baru dikeluarkan dari dalam botol (kompot), sebaiknya digunakan pakis bentuk cacahan halus. Untuk tanaman remaja atau remaja atau dewasa, lebih baik digunakan pakis cacahan kasar atau yang telah dipotong-potong.media tanam pakis untuk anggrek

Artikel terkait

Ukuran cacahan atau potongan pakis disesuaikan dengan besar kecilnya wadah atau pot.  Bentuk lempengan, digunakan untuk menempelkan tanaman remaja hingga dewasa.

Baca Juga:

Meski mempunyai sejumlah keunggulan,  tetapi pakis juga mempunyai kelemahan.  Media itu disukai semut dan hewan-hewan kecil lainnya atau bahkan mikroorganisme. Untuk mengatasinya,  media perlu disterilkan sebelum digunakan.  Caranya, cacahan, potongan, atau lempengan dibersihkan atau dicuci dengan air hingga kotoran seperti tanah atau sejenis hilang.

Untuk mencegah adanya mikroorganisme teriutama cendawan, media direndam dalam larutan fungisida. Contohnya, Antracol, Benlate, Dithane M-45, Daconil,  Delsene, Physan, atau sejenisnya dengan konsentrasi 0,1-0,2%.  Setelah sehari semalam, media diangkat dan dikeringanginkan. Media siap untuk digunakan.

Sterilisasi media juga dapat dilakukan dengan merebus dalam air mendidih atau dikukus. Sayang karena keterbatasan tempat, volume media yang disterilkan terbatas.

loading...
Media Tanam Pakis Untuk Anggrek | Penulis | 4.5