Media Tanam Sabut kelapa Untuk Bunga Anggrek

Media tanam sabut kelapa untuk bunga anggrek.Media sabut kelapa kini semakin banyak digunakan sebagai media tanaman anggrek. Sabut kelapa memiliki keunggulan yaitu mudah mengikat dan menyimpan air dengan baik; mengandung unsur-unsur hara yang diperlukan tanaman; serta mudah diperoleh dalam jumlah besar.

Sayangnya, media itu mudah lapuk dan kuat menyimpan air sehingga dapat menjadi sumber penyakit busuk akar dan busuk tunas anakan. Oleh karena itu, media sabut kelapa lebih cocok digunakan di daerah panas. Di daerah yang sering turun hujan, perlu menghindari penggunaan media ini. Bila terpaksa, arang kayu bakar atau sejenisnya.

Sabut kelapa mengandung beberapa unsur dan senyawa antara lain K, P, Ca, Mg, dan N. Selain itu, kaya bahan organik, abu, pektin, hemiselulosa, pentosa, dan lignin. Pektin berfungsi sebagai penguat lapisan tengah dinding sel.media tanam sabut kelapa bunga anggrek

Baca Juga:
Artikel terkait

Hemiselulosa dan selulosa penyusun utama dinding sel yang berfungsi untuk memperkuat sel-sel kayu. Lignin berfungsi untuk mengeraskan dinding sel. Kalsium (Ca) selain berfungsi menguatkan dinding sel juga mengaktifkan pembelahan sel-sel meristem. Magnesium (Mg) sangat penting dalam pembentukan klorofil.

Bila ingin menggunakannya sebagai media,  pilih sabut kelapa dari buah kelapa yang sudah tua sebab proses dekomposisi  sangat lambat sehingga tahan lama. Gunakan sabut yang masih melekat kulit luarnya dan sudah dipotong-potong atau hanya serat-seratnya.

Serbuk sabut kelapa (coir dust) yang merupakan bagian dari sabut kelapa belum banyak dimanfaatkan sebagai bahan pupuk atau bahan nedia tumbuh tanaman hias lain. Serat sabut kelapa digunakan saat tanaman masih kecil seperti kompot atau seedling. 

Untuk tanaman remaja atau dewasa, gunakan sabut kelapa dalam bentuk potongan-potongan.  Ukuran potongan disesuaikan dengan besar kecilnya wadah atau pot. Makin besar ukuran  tanaman, makin besar pot atau wadah serta potongan sabut kelapa.

Agar tidak cepat membusuk, sterilkan media itu lebih dahulu. Caranya sama seperti sterilisasi pakis. Setelah tanaman tumbuh lakukan penyemprotan fungisida lebih sering karena kelembapan dalam pot atau wadah sangat tinggi. Pada kondisi lembap mikroorganisme cepat tumbuh dan berkembang.

loading...
Media Tanam Sabut kelapa Untuk Bunga Anggrek | Penulis | 4.5