Media Tanam Untuk Tanaman Hias Philodendron

Media Tanam Untuk Tanaman Hias Philodendron-Saat ini media banyak dijual di kios-kios tanaman hias. Media tanam ada yang di jual secara khusus untuk tanaman tertentu dan ada pula masing-masing bahan dikemas terpisah. Media tanam siap pakai lebih praktis sehingga bisa langsung digunakan untuk komposisinya sesuai dengan kebutuhan tanaman dan lokasi.

Komposisi media tanam untuk philodendron berupa campuran tanah, pasir, dan pupuk kandang dengan perbandingan 2:2:1. Bisa juga campuran coco peat, tanah, pasir malang, dan pupuk kandang dengan perbandingan 2:1:1:1.

Komposisi lain, sekam bakar, cacahan pakis, dan kompos/pupuk kandang dengan perbandingan 2:2:1. Untuk menjaga kelembapan media, masukkan pecahan genyting atau potongan styrofoam di bagian dasar pot. Pasir memiliki daya ikat rendah sehingga cocok untuk tanaman hias di dalam ruangan (indoor plant) yang membutuhkan nutrisi dalam jumlah kecil.

Baca Juga:

Media tanam yang miskin hara maka pengaturan dosis dan interval pemupukan lebih gampang. Media tanam untuk tphilo yang diletakkan di lokasi agak terbuka (semu outdoor) seperti teras sebaliknya agak padat untuk menjaga kelembapan.Media Tanam Untuk Tanaman Hias Philodendron

Artikel terkait

Caranya dengan mengurangi jumlah pasir dan menambahkan pupuk kandang atau kompos. Kedua media ini kaya hara sehingga bagian untuk pertumbuhan philo.

Penanaman

Oleh karena philo berbatang tegak maka penanamnya mudah dilakukan oleh siapapun. Kemudahan itu karena tanaman ini tidak memerlukan yang khusus, baik itu pot dan medianya. Menurut ukurannya, ada 2 cara penanaman philo, yakni tanaman kecil dan besar.

Tanaman kecil dari kios tanaman hias biasanya ditanam di polybag sehingga perlu dipindah ke pot yang sepadan.

Bibit semai yang ditanam secara kolektif di tray/wadah semai juga perlu ditanam secara soliter ke pot agar tumbuh besar. Tanaman yang sudah tumbuh besar perlu di bongkar dan diganti media tanamnya (repotting).

1. Mengganti pot (panting )

Sebagai pot plant, philo tampak menarik bila ditanam di pot. Namun, kadang tanaman (bibit) yang dibeli di kios di jual di polybag. Oleh karena itu, wadahnya perlu diganti dengan pot lain. Kecuali, bila yang dibeli adalah tanaman sudah jadi (ukuran medium) sehingga perlu cover pot untuk memperindah penampilannya.

2. Mengganti media (repotting)

Setelah dirawat beberapa lama, philo tumbuh besar, akar-akarnya sudah menyesaki, bahkan menyembul hingga permukaan media. Media tanamnya pun sudah lama sehingga perlu diganti dengan yang baru agar tanaman tumbuh lebih subur.

Lagi pula ukuran tanaman sudah tidak sebanding dengan pot sehingga tampilannya tidak menarik lagi. Proses memindahkan tanaman dari pit kecil ke besar dikenal dengan istilah repotting.

loading...
Media Tanam Untuk Tanaman Hias Philodendron | Penulis | 4.5