Media Tanam Yang Sangat Cocok Untuk Bunga Euphorbia

Media tanaman merupakan kunci utama penanaman euphorbia. Bila media tanam tidak sesuai maka tanaman mudah mati. Media tanaman ibarat dapur bagi berbagai hara esensial sebelum diserap akar untuk disalurkan ke batang, daun, dan bunga.

Biasanya import membawa bibit euphorbia dariĀ  Thailand dalam bentuk setek dengan ukuran 10-15 cm. Tanaman terbungkus serbuk kelapa dan sudah sedikit berakar. Begitu tiba, tanaman langsung ditanam di pot. Media tanamnya berupa campuran serbuk kelapa, sekam bunga, dan pasir dengan perbandingan.images (9)

Seperti tanaman sukulen lain, euphorbia membutuhkan media kering dan porous. Dengan media tersebut, akar tidak akan terlalu lama mengikat air dan lebih efisien dalam memanfaatkan air. Tanah merah atau tanah liat tidak digunakan sebagai media tanam karena daya ikatnya yang tinggi terhadap air.

Baca Juga:
Artikel terkait

Volume air yang terlalu berlebihan pada media tanam dengan tingkat keasaman mendekati netral, yaitu sekitar 5,5-6,5.

Setiap nurseri mempunyai campuran media tanam sendiri yang disesuaikan kondisi tanaman dan lingkungan. Berbagai jenis media dapat digunakan sebagai media tanam asalkan formulanya tepat. Bloomfield Nursery, misalnya, menggunakan campuran sekam bakar, pupuk kandang, pasir malang, dan pakis.

Masing-masing bahan-bahan tersebut mempunyai fungsi. Pakis, misalnya, bertugas untuk menyerap dan mengikat air. Pasir kasar diharapkan memperlancar penetrasi akar agar lebih mudah dan bebas bergerak. Sementara sekam bakar berfungsi untuk membuat media lebih porous sehingga tanaman tidak busuk.

Media tanam sebaiknya disterilkan terlebih dahulu agar terbebas dari bibit penyakit. Pensterilan dilakukan untuk mencegah kehadiran bakteri atau cendawan yang dapat merusak tanaman.Sebagai contoh, serbuk kelapa harus dikukus selama 1-2 jam.

Pupuk kandang sebaiknya dipilih yang sudah matang dan steril. Sebelum dipakai, sebaiknya semua bahan diayak sampai halus.

loading...
Media Tanam Yang Sangat Cocok Untuk Bunga Euphorbia | Penulis | 4.5