Media Tumbuh Yang Cocok Untuk Anggrek

Media tumbuh yang cocok untuk anggrek.Media tumbuh digunakan sebagai tempat melekatnya akar atau tempat berdirinya tanaman. Dengan berdiri tegak, tanaman dapat memanfaatkan cahaya matahari serta udara di sekitarnya dengan leluasa . Selain itu, media tumbuh juga berperan menyimpan air dan hara, serta menjaga kelembapan.

Ada beberapa syarat media tumbuh yang baik yaitu tahan lama, tidak menjadi sumber penyakit, aerasi dan drainase baik, mampu mengikat atau menyimpan air dan hara dengan baik, serta mudah diperoleh. Media yang banyak rongga menyimpan banyak oksigen yang diperlukan untuk proses respirasi (pernapasan).media tumbuh yang sangat cocok untuk bunga anggrek

Artikel terkait

Dengan demikian, akar tanaman akan tumbuh dan berkembang ke segala arah. Berbagai jenis media tumbuh yang umum digunakan antara lain pakis, moss, sabut kelapa, arang, serutan kayu, kulit kayu, dan sejenisnya.

Baca Juga:

Penggunaan jenis media tumbuh itu dapat berubah sejalan dengan perkembangan jaman. Dengan media apa pun yang digunakan, anggrek tetap dapat beradaptasi atau menyesuaikan diri. Yang penting faktor penyiraman dan pemupukan tepat untuk setiap jenis anggrek.

Sebagai contoh, di daerah berkelembapan tinggi, penggunaan media yang menyerap banyak air tidak dianjurkan. Sifatnya yang selalu basah mengundang penyakit busuk akar dan busuk tunas anakan.

loading...
Media Tumbuh Yang Cocok Untuk Anggrek | Penulis | 4.5