Melakukan Repotting Pada Bunga Anggrek

Melakukan repotting pada bunga anggrek.Repotting merupakan penggantian media tumbuh dan pot baru yang kadang-kadang disertai dengan pemisahan anak tanaman atau pseudobulb. Reppoting pada cattleya dilakukan bila jumlah pseudobulb pada pot sudah berdesakan. (berjumlah banyak) dan bila media tanaman hancur karena usia karena serangan hama penyakit.

Kegiatan repotting dilakukan bila jumlah pseudobulb dalam pot sudah terlalu banyak. Sebagai contoh bila dalam satu pot berdiameter 18-20 cm sudah ditumbuhi lebih dari 15 pseudobulb Cattleya maka sudah saatnya dilakukan repotting.

Dalam kondisi tersebut tanaman anggrek akan saling berdesakan sehingga pertumbuhan tanaman akan terhambat. Untuk itu, perlu dilakukan pemisahan pseudobulb dari tanaman induk. Pseudobulb dipisahkan kira-kira sebanyak 3 buah dan pada bagian dasar pseudobulb atau sepanjang rizoma yang menghubungkan pseudobulb satu dengan lainnya tetap saling berhubungan.

Baca Juga:
Artikel terkait

Semua akar yang tidak aktif atau akar tua di buang. Selanjutnya pseudobulb tersebut ditanam dalam pot berdiameter 18-20 cm yang telah berisi media tumbuh, seperti arang, pakis, sabut kelapa, atau sejenisnya.melakukan repotting pada bunga anggrek

Pseudobulb ditanam dibagian atas pinggir pot dan masing-masing pseudobulb masih saling berhubungan. Pseudobulb yang paling tua ditanam dekat atau menempel pada bibir pot bagian pinggir atas.

Dengan demikian, pertumbuhan tunas anakan dapat mengisi seluruh permukaan bagian pot. Penyiraman dilakukan kurang lebih 3-4 hari setelah penanaman, sedangkan pemupukan dilakukan kurang lebih seminggu setelah penanaman.

Pada saat pseudobulb dikeluarkan dari dalam pot seringkali mengalami kesulitan karena pseudobulb sangat keras serta lekat pada pot dan media tumbuhnya. Untuk menghindari banyaknya kerusakan atau putusnya pseudobulb, wadah atau pot dapat dipecah.

Alat yang diperlukan saat repotting, yaitu gunting yang tajam dan terbuat dari stainless steel sehingga tidak mudah karatan. Prasarana lain yang harus dipersiapkan adalah pot dan media tumbuh.

Berikut ini tahap-tahap pengerjaan repotting pada kasus jumlah pseudobulb sudah banyak dalam satu pot.

loading...
Melakukan Repotting Pada Bunga Anggrek | Penulis | 4.5