Membasmi Hama Semut Dan Keong Pada Tanaman

Membasmi hama semut dan keong pada tanaman.Semut biasanya bersembunyi dipangkal batang, umbi semu, di dalam atau di bawah pot. Keberadaan semut di dalam atau di bawah pot dapat menyebabkan kerusakan akar dan tunas-tunas muda sehingga pertumbuhan tanaman terhambat.

Semut dapat diberantas dengan insektisida seperti Chlordane, Bayrusil, Tamaron, dan Kelthane dengan dosis 0,1-0,2% atau sesuai anjuran. Untuk mengatasinya, dapat dilakukan dengan merendam pot kedalam air. Namun, cara itu hanya mampu dilakukan bila jumlah pot dan serangannya masih terbatas.

Siput atau keong 

Baca Juga:

Siput atau keong kecil sering bersembunyi di balik media. Saat lapar, siput menyerang akar dan memakan bagian lunak tanaman, terutama tunas-tunas, daun muda, atau jaringan lunak lainnya. Hama ini aktif menyerang terutama pada malam hari. Siput dapat diberantas dengan molisida seperti Metaldehyde, Mesurol, Sevin, dan Metadex. Dosis pemberian di sesuaikan dengan anjuran.Membasmi Hama Semut Dan Keong Pada Tanaman

Artikel terkait

Keong besar berumah

Keong ini berukuran besar, berumah, dan beracun dengan mengeluarkan lendir. Keong ini aktif menyerang pada malam hari dan memakan semua jenis tanaman.

Keong setengah telanjang 

Di bagian punggung keong terlihat ada benjolan yang agak mengeras, tetapi belum dapat dikatakan sebagai rumah. Keong ini aktif menyerang pada malam hari dan bersembunyi di  dalam media atau gulma. Keong ini menyerang pseudobulb dan tunas muda lainnya.

Keong telanjang 

Keong ini bentuknya seperti lintah. Hama ini tidak tahan terhadap kekeringan dan menyukai lingkungan lembap. Keong ini aktif menyerang pada malam hari dengan memakan daun muda dan tunas baru serta jaringan lunak lainnya. Keong ini sering bersembunyi dalam media dalam pot.

Keong kecil 

Keong kecil bertempurung ini berwarna kuning muda dan bersarang atau bersembunyi di bawah pot anggrek.

loading...
Membasmi Hama Semut Dan Keong Pada Tanaman | Penulis | 4.5