Membasmi Ulat daun-Kepik Dan Kutu Daun Tanaman Anggrek

Membasmi ulat daun-kepik dan kutu daun Tanaman anggrek.Ulat jengkal (Negeta chlorocrota) ditemukan hidup dan menyerang anggrek Arachis, Dendrobium, Phalaenopsis, dan anggrek liar. Ulat yang berukuran panjang 35 mm ini menyerang daun muda. Ulat anggrek Chiliaria othona sering menyerang bunga dan tunas anggrek Dendrobium, Arundina, dan Phayus sp.

Jika jumlah ulat hanya 2-5 ekor, cukup dibunuh dengan tangan. Namun, jika jumlahnya banyak sebaiknya dikendalikan dengan insektisida. Segera pisahkan anggrek yang sehat dari anggrek ulat.

Kepik

Baca Juga:

Kepik adalah serangga kecil yang mirip kumbang. Sayap kepik lebih bulat dan tubuhnya gepng.

Kepik anggrek Mertila malayensis berwarna merah kehitaman, seting ditemukan menyerang anggrek Bulbophyllum, Phalaenopsis, Renanthera, dan Vanda. Hama kepik anggrek menusuk dan mengisap cairan daun anggrek.

Dampak serangannya menyebabkan bintik-bintik putih dan kuning pada permukaan daun. Jika jumlahnya banyak, kumpulan bintik akan terbentuk bercak yang lebar dan jelas dipandang. Tanaman yang sudah lama terserang akan gundul dan tidak memiliki hijau daun.

Gangguan hama kepik anggrek dapat dikendalikan dengan penyemprotan insektisida. Caranya sama dengan pengendalian ulat, kumbang, maupun thrips.Membasmi Ulat daun-Kepik Dan Kutu Daun Tanaman Anggrek

Artikel terkait

Kutu daun yang menyerang tanaman anggrek dapat dibedakan dari berbagai jenis antara lain sebagai berikut.

Kutu perisai putih

Kutu perisai putih Chionapsis gromini bertumbuh putih, bulat, berukuran 2 mm. Kutu ini sering dijumpai menyerang anggrek Dendrobium dengan mengisap cairan tanaman. Gejala serangan dimulai dengan daun berbintik kuning, lalu menjadi cokelat, kemudian mati.

Kutu perisai

Kutu perisai Aspidiotus sp. berwarna merah kecokelatan, berukuran 1,5 mm. Kutu perisai Parlatoria proteus berwarna merah gelap kecokelatan. Kedua hama tersebut juga sering ditemukan menyerang daun anggrek Dendrobium.

Kutu daun

Kutu daun Cerataphis gromini berwarna cokelat gelap, berukuran 2,5-3,0 mm, dan tubuhnya dikelilingi lilin putih. Hama ini sering ditemukan menyerang anggrek Cattleya . Hama mengisap cairan tanaman sehingga pertumbuhan tanaman menjadi kerdil dan tidak mampu berbunga. Selain menempel pada daun, kutu juga sering menempel pada pseudobulb dan mata tunas anggrek Oncidium.

Gangguan kutu pada anggrek dapat dikendalikan secara mekanis atau kimia. Secara mekanis dapat dilakukan jika kutu yang dijumpai dalam jumlah terbatas. Kutu yang terdapat pada daun anggrek dapat didorong dengan kuku, lalu dimatikan. Pengendalian secara kimia dilakukan dengan menyemprotkan insektisida. Caranya dengan pengendalian ulat, kumbang, dan thrips.

loading...
Membasmi Ulat daun-Kepik Dan Kutu Daun Tanaman Anggrek | Penulis | 4.5