Membuat Beringin Ginseng Dalam Pot

Orang sering memandang tanaman beringin sebagai tanaman yang besar dan menakutkan.Berikut ini cara membuat beringin Ginseng dalam pot. Padahal, tidak semua tanaman beringin mempunyai sosok seperti itu. Agar sosoknya tidak menyeramkan, tanaman beringin dapat ditanaman di dalam pot, baik pot yang besar (drum) atau pot bonsai.

Dengan ditanam dalam pot, otomatis sosok tanaman tidak akan besar. Selain itu, dengan perawatan atau pembentuk tajuk tanaman, tanaman beringin tidak lagi menyeramkan.

Dari beberapa macam tanaman beringin, ada beringin yang mempunyai pangkal akar menggembung. Bagian ini sering ditafsirkan seperti tubuh manusia sehingga pecinta tanaman hias menyebutnya beringin ginseng.images (6)

Baca Juga:

Dengan teknik penanaman yang lain, bagian yang menggembung tersebut dapat tampil di atas tanah sehingga penampilan tanaman beringin ginseng menjadi lebih menarik dan unik.

Beringin Ginseng dalam Pot Bonsai

Tanaman beringin ginseng mempunyai keunikan pada pangkal akar atau pangkal batangnya. Bagian tersebut dapat menggembung dan biasanya bentuknya menyerupai tubuh manusia. Untuk mendapatkan akar seperti itu, dilakukan langkah-langkah berikut.

Artikel terkait
  1. Tanaman beringin ditanam di tanah atau dalam pot yang lebar dan dalam, misalnya pot dari drum. Media yang digunakan berupa campuran pasir, tanah dan pupuk kandang dengan perbandingan 1:1:1. Penanaman beringin dilakukan sampai batas pangkal batangnya. Dengan terbenamnya akar maka bagian pangkal akar akan tumbuh menggembung. Bentuk gembung yang terjadi sulit diarahkan (dibentuk).
  2. Setelah 4-6 bulan, tanaman diangkat. Apabila bentuk gembung pada pangkal batang belum sesuai dengan harapan, sebaiknya beringin ditanam lagi. Akarnya dikurangi agar bagian yang menggembung hanya akar terpilih. Dengan demikian, bentuk gembung dapat lebih bagus. Namun, bila gembungan telah sesuai harapan maka tahap 3 dapat langsung dilakukan.
  3. Pangkal akar beringin ginseng yang akan ditampilkan dibersihkan dari tanah dengan bantuan kuas atau disemprot dengan air. Akar yang mati atau arah tumbuhnya tidak bagus sebaiknya dipotong. Dengan demikian sosok tanaman tampil prima dengan bagian-bagian tanaman yang masih berfungsi.
  4. Media tanam berupa campuran pasir, tanah, dan pupuk kandang dengan perbandingan 1:1:1 dimasukkan ke dalam pot yang telah disiapkan. Sebaiknya digunakan pot yang ceper (pot bonsai) karena tanaman ini memang dibuat kecil sehingga nantinya dapat dipanjang di atas meja.
  5. Beringin ginseng ditanam dengan meletakkan pangkal akar di atas permukaan tanah,cukup cabang akar saja yang dibenamkan. Setelah itu, media dipadatkan dan bagian tanaman yang di atas tanah dibersihkan. Sebagai asesori, di atas media tanam diberi lumut atau batu zeolit.

Beringin dalam Pot Tetap Perlu Dirawat

Sebelum tumbuh dengan baik, tanaman sebaiknya diletakkan di tempat yang teduh dan mendapat udara segar, misalnya di teras. Setelah tanaman menunjukkan adanya pertumbuhan atau tanaman tidak layu, barulah tanaman dimasukkan ke dalam ruangan.

Penyiraman dilakukan bila media mulai kering, umumnya dua hari sekali. Namun, bila tanaman diletakkan dil luar rumah, penyiraman dapat dilakukan sehari sekali. Pemupukan cukup dilakukan dengan slow release setiap tiga bulan sekali yang diberikan dengan cara disiram.

loading...
Membuat Beringin Ginseng Dalam Pot | Penulis | 4.5