Membuat Bunga kaktus Indah Dan Menawan

Bagaimana cara membuat bunga kaktus indah dan menawan??Unik dan menarik, itulah alasan kebanyakan orang yang memelihara Bunga kaktus. Sebagai contoh kaktus yang populer dengan sebutan old man. Dengan bulu seperti janggut seorang kakek, old man mampu menyedot perhatian pengunjung di sebuah pameran tanaman hias. Selain itu, kaktus yang berbentuk bulat seperti bola, mirip pagoda, bahkan ada yang menyerupai telinga kelinci.

Ada pula jenis yang hidup bergerombol menyerupai gundukan batu atau bukit kecil.  Aneka bentukk kaktuk yang lucu itu bisa menjadi pajangan yang cantik di meja tamu atau pemanis di ruang belajar atau kantor.

Kaktus akan semakin menawan jika ditanam ke dalam pot-pot cantik yang beraneka bentuk dan warna. Pot yang dapat digunakan bisa yang berbahan baku eceng gondok, rotan, gerabah, atau porselin dengan hiasan menarik.

Baca Juga:

Adanya pot hanya sebagai ”pemanis” sehingga bisa diganti-ganti sesuai dengan kebutuhan selera. Pemilihan¬† jenis dan bentuk pot yang sesuai juga memberikan peran penting dalam dalam mempercantik penampilan kaktus.

Para hobiis dapat meletakkan kaktus di meja kerja atau meja sudut ruang tamu. Warna hijau kaktus tentu saja akan menyegarkan mata yang lelah setelah bekerja seharian. Selain itu, kehadiran juga membantu meningkatkan produktifitas dalam bekerja.

Sebuah kaktus dimasukkan ke pot yang cantik lalu diletakkan dimeja kerja. Ternyata bukan saja untuk mempercantik ruangan dan membangkitkan motivasi kerja para karyawan. Mereka yakin bila tanaman ini mampu menyerap polutan yang ada di kantor.membuat bunga kaktus tampil indah dan menawan

Hasil penelitian yang membuktikan kaktus dapat sebagai penyerap ”racun” secara pasti memang belum ada. Akan tetapi, Sansievera yang masih kerabat kaktus telah dianjurkan para ilmuwan untuk ditanam di halaman atau diapajang di dalam rumah karena mampu manyerap polutan.

Rangkaian kaktus dalam pot dapat memberikan suasana nyaman dan tenteram bagi penghuninya. Rumah yang nyaman bukan berarti harus mewah, tapi lebih tergantung cara menata dekorasi dan interiornya. Salah satunya memajang rangkaian kaktus dirumah. Dekorasi rumah dengan berbagai tanaman hias daun sudah umum, tetapi kaktus mungkin jarang sekali yang melakukannya.

Besar minat hobiis memilih kaktus tidak hanya untuk menghijaukan ruangan, tapi menyukai sesuatu yang unik dan menarik. Satu hal lagi, adanya kaktus  dapat menciptakan suasana tenang sehingga berdampak positif dengan terpacunya semangat kerja.

Artikel terkait

Sebuah kaktus akan tampak menarik setelah ditanam secara soliter di sebuah pot. Namun, penampilannya makin menawan jika beberapa kaktus ditata secara apik dalam sebuah pot besar. Istilah populernya grouping plant, yakni penanaman beberapa kaktus dalam sebuah wadah secara bersama-sama. Dengan penggabungkan beberapa tanaman di dalam satu wadah, tampilan kaktus pun lebih menarik.

Pemilihan jenis kaktus memegang peran penting dalam penataan kaktus. Jika dapat mengombinasikan tanaman dengan tepat maka hasilnya pun akan menawan. Dalam satu pot, warna, bentuk, dan ukuran dirangkai dengan apik agar tercipta kesatuan yang menarik.

Seni memadukan beragam jenis kaktus dalam sebuah wadah itu menjadi kegiatan hobi yang menarik dan bisa dilakukan siapa saja di rumah. Apalagi, hiasan ini cocok untuk hadiah ulang tahun teman, kerabat, atau suvenir pengantin (wedding gift).

Bentuk kaktus yang unik juga cocok sebagai penyemarak taman. Bagi penggemar tanaman hias, kaktus dapat memberikan pesona tersendiri diantara tanaman hias lainnya. Bagi yang mempunyai halaman luas, bisa memilih kaktus dari keluarga Stenocerus, Pilosocereus, Pachycereus, atau Carnegiea yang bersosok besar dan tinggi menjulang. Sayang, jenis katus ”raksasa’; seperti itu relatif jarang. Hanya orang tertentu saja yang mengoleksinya. Itu pun setelah dirawat sejak kecil selama berpuluh-puluh tahun.

Saat ini banyak rumah-rumah diperkotaan yang berhalaman terbatas memilih rangkaian kaktus dalam pot besar. Penampilan raksasa kaktus ini ditentukan komposisi warna, bentuk, dan ukuran.

Agar keasrian taman lebih menonjol, lokasi untuk memajang kaktus perlu mendapat perhatian lebih. Apabila memilih sudut taman yang tampak satu sisi saja, maka rangkaian kaktus harus di tata dengan aturan main menyudut pula.

Dengan kata lain pandangan mata hanya terfokus pada salah satu tanaman. Lain halnya bila diletakkan di tengah taman, maka rangkaian harus bisa dilihat dari berbagai sudut sehingga semua sisi tampil mempesona.

Kehadiran kaktus memeberikan kesan keasrian diantara rerimbunan tanaman hias lainnya. Suasana yang menyenangkan itu membuat penghuninya betah tinggal di rumah. Keunikan sosok kaktus dapat mengendorkan urat syaraf setelah bekerja seharian, menghadapi pekerjaan yang berat, atau kemacetan di jalan. Secara tidak langsung, kehadiran kaktus dapat menjadi obat mujarab.

Apabila ingin menghadirkan rumah berwawasan lingkungan dan mengutamakan keasrian tidak bisa lepas dari tanaman, termasauk kaktus. Oleh sebab itu, sering dijumpai di perumahan-perumahan terdapat berbagai macam jenis tanaman, setidaknya di halaman yang sempit sekali pun. Tanaman menjadi bagain utama interior yang cukup memikat dan tak kalah pentingnya. Selain itu, tanaman berfungsi sebagai filter udara di rumah.

loading...
Membuat Bunga kaktus Indah Dan Menawan | Penulis | 4.5