Membuat Pot Plant Bunga Euphorbia Daun Cantik Unik

Membuat pot Plant bunga euphorbia daun cantik unik-Melihat dan mengoleksi euphorbia di rumah bisa berkata demikian. Bagi Anda yang sudah, pasti mengatakan euphorbia menjadi ornamental plant dan dengan segala keistimewaannya. Dijadikan ground ditaman menarik, dipajang sebagai pot plant juga bagus.

Bandel, tidak rewel atau manja, rajin berbunga merupakan sederet keunggulan dari tanaman yang namanya diambil dari Euphorbus, raja Madagaskar.

Dari sedi kualitas, euphorbia tidak lebih baik dari adenium, atau hampir sebanding dengan pachypodium dan kaktus. Hal berbatang duri, meski mereka sama-sama memiliki bunga cantik. Bagi sebagian orang, adanya duri membuat enggan mengoleksinya karena khawatir tertusuk di tangan.

Baca Juga:

Yang membedakan euphorbua dan pachypodium berbatang duri, meski cantik. Bagi sebagian orang, adanya duri membuat enggan mengoleksinya karena khawatir tertusuk di tangan.

Yang membedakan euphorbia dan pachypodium adalah sosoknya. Euphorbia berdaun rimbun, bunga pun menutupi tajuk-tajuknya. Dengan penampilan seperti itu duri seolah ”ngumpet” dibalik rerimbunan daunnya.

Lain halnya dengan pachypodium yang memiliki duri-duri di sekujur batangnya. Daun dan bunganya muncul di ujung batang. Hampir serupa kaktus yang diibaratkan sebagai penjelmaan dwarf pachypodium.Membuat Pot Plant Bunga Euphorbia Daun Cantik Unik

Bunga Cantik

Di Indonesia, euphobia populer sejak tahun 2004, meski sebenarnya beberapa jenis lokal sudah ada dipasaran. Kehadiran  varian-varian baru euphorbia asal Thailand dan Taiwan seolah menjadi magnet para penggemarnya. Bunga cerah dan menawan menjadi keistimewaan dari tanaman ini. Pantas siapa saja bakal tertarik yang melihatnya.

Wrna bunga euphorbia sangat bervariatif, mulai dari warna dominan merah, kuning, hijau, putih dengan hiasan strip atau bercak di setiap kelopak bunganya. Dari segi ukuran, varian asal Negeri Gajah putih lebih besar (3-5 cm) dibanidng jenis lokal.

Jumlah bunga per dompolannya juga banyak, hampir menutupi tajuk-tajuknya. Sekadar contoh, ‘Siamese ruby’, ‘Chamelion’, dan ‘Dandelion’ yang memiliki bunga besar dengan warna-warna cerah.

Artikel terkait

Ada pula jenis ‘New snow white’ yang bunganya besar dominan putih dengan warna merah di bibir kelopak bunganya. ‘Red label’ yang berbunga kecil tapi banyak, hingga jenis ‘Winter sonata’ dan Big white’ yang berwarna putih bersih. Bagi penyuka warna lembut silahkan pilih jenis.

Varian euphorbia asal Thailand memang menonjolkan warna, ukuran, dan kekompakan. Sementara varian asal Taiwan cenderung lebih atraktif. Lihat saja pada ‘Red christmas’ yang berbunga kecil, tetapi bunganya sangat banyak menyebar di seluruh tajuknya. Jadi, kalau diperhatikan, varian dari Taiwan lebih atraktif.

Fungsi Ganda

Orang mengenal euphorbia sebagai pot plant. Namun, kini tanaman ini sudah umum dijadikan ground di taman rumah atau kota. Lihat saja, deretan euphorbia Pink bogor banyak menghiasi di taman-taman kota. Keunggulan varian ini bandel, tumbuh cepat, bunga besar, dan rajin berbunga.

Saat memasuki taman euphorbia, Anda akan menemukan hal baru yang mengagumkan. Paduan warna-warni dan penataan yang apik membuat taman euphorbia terasa memikat. Itulah salah satu fleksibilitas euphorbia.

Sebagai pot plant, euphorbia yang di tata di rak bertingkat akan mengubah citra rumah lebih cerah. Nah, apakah keindahan yang diperoleh itu sudah sebanding dengan nilai rupiah yang Anda bayarkan?

Jadi, apa lagi keuntungan yang ditawarkan tanaman asal gurun ini. Ya, tentu saja perawatannya yang mudah. Media tanamnya cukup pasir malang, sekam bakar dan pupuk kandang dengan perbandingan 3:2:1. Boleh juga sekam bakar dan pupuk kandang dengan perbandingan seimbang.

Soal penyiraman, idealnya 2 hari sekali. Namun, banyak praktisi mengatakan kalau euphorbia bandel dan tahan banting. Telat seminggu tidak disiram air, euphorbia tetap segar. Hanya saja pupuk NPK sebaiknya diberikan rutin seminggu sekali kalau ingin tanaman ini rajin berbunga. Pemberiannya diselang-seling, seminggu pupuk NPK untuk pemacu daun, lalu dilanjutkan pupuk NPK pemacu bunga.

Sampai disini Anda sudah merasa euphorbia menjadi pilihan tepat untuk ornamental plant di rumah? Tidak. Menurut praktisi euphorbia hanya cocok dipelihara didaerah panas, seperti Jakarta, Surabaya, Medan, Yogyakarta, Semarang. Didaerah dingin, euphorbia umumnya malas berbunga, yang subur justru daunnya saja.

Kalau masih penasaran, Anda boleh bertanya jenis apa yang sesuai dengan kondisi rumah, baik berbentuk bangunan, cat eksterior, maupun keperuntukannya Anda bisa berharap lebih dari nilai rupiah yang sudah dikeluarkan.

Euphorbia bagus sebagai pot plant atau elemen taman. Sebagai ornamental plant, bunga euphorbia yang berwarna-warni dapat menjadi sarana relaksasi Anda sesuai aktivitad seharian di kantor.

loading...
Membuat Pot Plant Bunga Euphorbia Daun Cantik Unik | Penulis | 4.5