Membuat Sikas, Dioon Dan Zamia Gundul Unik

Cara Membuat Sikas, dioon, dan zamia gundul unik Tanaman yang unik serta memiliki nilai ekonomi tinggi adalah pekerjaan yang gampang susah.Tanaman Sikas,dioon dan zamia mempunyai sosok seperti kelapa sehingga tanaman ini dikenal sebagai palem purba. Padahal sebenarnya keduanya sebangsa paku-pakuan. Tanaman paku-pakuan ini dicirikan dengan adanya tunas muda yang tumbuh melingkar.

Secara alami, penampilan tanaman ini sebenarnya sudah cukup menarik. Namun, penampilan alami ini dapat dibuat lebih unik dengan cara menggundulinya sehingga kesan yang tampak seperti batang tanaman mati. Kesan unik ini akan bertambah bila telah muncul tunas mudanya yang menggulung.

Sikas banyak ditanam sebagai penghias halaman rumah. Namun, sikas banyak sekali terserang hama kutu. Tanaman yang terserang akan mempunyai penampilan yang jelek, daunnya menjadi berbintik cokelat, menguning dan tidak menutup kemungkinan tanaman mati karena tumbuhnya merana.

Pada awalnya, ide ini muncul akibat sulitnya memberantas kutu pada tanaman sikas. Kalaupun bisa, bercak cokelat dan kuning bekas tusukan kutu tidak bisa hilang sehingga penampilannya tetap buruk. Akhirnya daun-daun itu dibuang sebagian. Namun, kutu tetap ada sehingga orang membuang semua daun dengan risiko tanaman mati.images (7)

Ternyata tanaman gundul itu tidak kunjung mati, malah sebulan kemudian memperlihatkan tanda-tanda kehidupan. Tunas daunnya muncul dari ujung batang, berwarna hijau, dan terlihat indah.

Sejak itulah trend tanaman gundul sikas ini muncul. Bahkan bukan hanya tanaman sikas, tetapi juga tanaman lain yang sejenis seperti dioon dan zamia.

Menggunduli Tanaman

Apabila diperoleh tanaman dioon, zamia, atau sikas yang batangnya terbaring tentu saja lebih bagus bila dibandingkan dengan batang tanaman yang berdiri. Posisi batang yang terbaring lebih memberikan kesan artistik. Cara menggunduli tanaman adalah sebagai berikut.

  1. Tanaman yang akan digunduli sebaiknya disehatkan dahulu dengan cara diberi pupuk kandang dan pupuk NPK. Media disekitar tanaman digemburkan. BIla tanaman berada di dalam pot maka media perlu diganti dengan campuran tanah, pasir, dan pupuk kandang dengan perbandingan 1:1:1. Media di bagian bawah pot sebaiknya diberi serasah kasar atau batu kasar agar porous (mudah dilewati air).
  2. Tanaman diletakkan di tempat terbuka selama 1 bulan supaya sehat. Setelah itu, semua daun dipotong sampai tuntas pada pangkal pelepah.
  3. Setelah daun dipotong, tanaman dipindahkan ke tempat teduh dan kelembapannya selalu dijaga.
  4. Setelah daun yang dipotong sudah tua maka 3-4 minggu kemudian akan muncul tunas; bila daun yang dipotong muda maka tunas baru akan muncul setelah 4-8 minggu.palagi bila ditanam di dalam pot dan mempunyai banyak anakan. Keunikannya makin bertambah bila daun-daun muda mulai muncul, melingkar, dan ujungnya mirip ulat yang sedang menggulung.

Zamia dan dioon menyukai sinar matahari terik sehingga harus sering dipindahkan ke luar ruangan. Sikas sebaiknya diletakkan di tempat teduh dengan media yang terjaga kelembapannya.

loading...
Membuat Sikas, Dioon Dan Zamia Gundul Unik | Penulis | 4.5