Membuat Taman Mini Bunga Kaktus

Membuat taman mini bunga kaktus.Taman bongkar pasang bersifat temporer dan sementara. Biasanya dekorasi ini dibuat untuk melengkapi berbagai macam acara seperti pameran, seminar, perkawinan, atau pajangan rumah. Kelebihan dari taman bongkar pasang adalah tanaman mudah diganti sehingga terkesan tidak membosankan.

Pada taman bongkar pasang, kaktus tidak langsung ditanam di media, tetapi tetap ditempatkan di potnya. Agar terkesan alami, maka pot-pot tersebut ditutupi  dengan media lain, patung yang terbuat dari semen, dan lain-lain.

Jenis kaktus yang dipakai untuk taman bongkar pasang harus memiliki karakteristik yang ”bandel” terhadap kebutuhan sinar matahari. Diharapkan taman itu mampu bertahan selama seminggu, bahkan sebulan. Setelah itu, tanaman dibongkar dan diganti dengan tanaman yang baru. Sementara tanaman lama dibawa ke luar ruangan untuk untuk mendapatkan perawatan. Dengan begitu, tanaman dapat dipakai terus secara bergilir.

Baca Juga:

Penataan taman dipojok ruangan dapat ditempatkan untuk menghilangkan kesan kaku dari tembok. Selain itu, dapat juga dipilih jenis kaktus bersosok besar dan unik untuk titik pusat pandangan (poin of interest). Contohnya, Echinocactus grussonii.

Penataan taman yang terletak di tengah ruanganakan lebih sulit. Oleh karena rangkaian taman harus didesain sedemikian rupa agar bisa dilihat dari semua sudut pandang. Pemilihan jenis kaktus yang tinggi sangat berperan untuk menciptakan tatanan taman yang menarik. Sementara jenis kaktus yang kecil dan mungil dapat ditanam di sekelilingnya.

Pembuatan taman mini diruangan sangat tergantung pada kreativitas dan seni pembuatnya. Meski demikian, penataannya tetap mengacu pada aturan main, yakni gradasi ukuran, bentuk, dan tekstur tanaman.membuat taman mini bunga kaktus

Artikel terkait

Gradasi warna pun penting agar rangkaian kaktus terlihat tampak asri. Paduan warna pun penting agar rangkaian kaktus terlihat tampak asri. Paduan warna pun yabf dipilih harus kontras dengan lainnya sehingga enak dilihat.

Mengingat rancangan bongkar pasang terdiri dari berbagai pot dalam jumlah banyak, maka kebersihan harus dijaga dengan pemberian alas plastik. Sesuaikan ukuran plastik dengan luasan taman. Setelah diberi alas, kaktus ditata sesuai dengan komposisi dan tinggi-rendahnya.

Penanaman dimulai dari jenis kaktus yang tinggi sebagai pusat pandang, baik dipojok atau tengah. Setelah itu, dilanjutkan jenis kaktus lain sebagai pendukungnya. Sebegai ornamen tambahan dapat dipasang lampu atau pernak-pernik sehingga taman terlihat lebih menarik.

Taman kaktus permanen

Pada taman kaktus permanen yang perlu dipikirkan adalah lokasi harus cukup mendapat sinar matahari. Biasanya, taman ini dibuat dipinggir atau di pojok ruangan. Dengan posisi seperti itu, jenis kaktus yang tinggi dpat ditanam dipojok sebagai pusat pandang. Pengaturan jenis dan jumlah kaktus juga perlu disesuaikan dengan luasan taman. Apabila lokasi terbatas, usahakan jumlah kaktus sedikit, tetapi penampilannya menarik.

Pembuatan taman permanen harus mengacu pada syarat tumbuh kaktus. Medianya harus porous, misalnya campuran pasir dan pupuk kandang dengan perbandingan 3:1. Konstruksi taman dapat dibuat gundukan untuk memberi kesan alami.

Penataan tanaman tergantung pada gaya dan selera masing-masing. Namun, tetap memeprhatikan pada gradasi ukuran, bentuk, dan warna tanaman.

Penanaman dimulai dari jenis kaktus yang bersosok besar sebagai elemen utama dipojok ruangan. Tanaman ini akan menjadi pusat pandang sehingga harus diperhatikan penampilannya. Setelah itu, dilanjutkan dengan jenis kaktus lain yang ditanam di bagian pinggirnya secara teratur.

Setelah semua kaktus ditanam, batuan warna-warni ditaburkan sebagai pemanis. Batu suseki, patung, atau hiasan lain bisa ditambahkan untuk mempercantik penampilannya.

loading...
Membuat Taman Mini Bunga Kaktus | Penulis | 4.5