Membuat Tanaman Hias Unik

Membuat Tanaman Hias unik.Selain harga, bentuk, kelangkaan, dan kepopuleran, tanaman hias ekslusif juga bisa dilihat dari keunikan tanaman hias bersifat permanen atau berubah sesuai perkembangan tanaman. Setidaknya ada 3 keunikan yang bersifat permanen pada tanaman yaitu, variegata, kristata, dan mutasi.

Variegata

Bagi penggemar tanaman variegata sebaiknya memperhatikan sosoknya secara detail. Hindari tanaman albino alias sekujur tanaman putih. Ada kemungkinan variegata disebabkan fotosintesis yang tidak sempurna. Kemungkinan variegata lain adalah tanaman memiliki daun emas.membuat tanaman hias unik

Baca Juga:
Artikel terkait

Idealnya, daun variegata dan hiaju berbanding secara seimbang. Tanaman hias variegata berdaun tipis sebaiknya jangan dipilih karena mudah terbakar bila tersengat sinar matahari.

Kristata

Kelainan ini dapat terjadi pada batang, umumnya ”pecah” dipangkal, tengah, atau pucuk. Kristata yang paling bagus bila terjadi di pangkal karena sosoknya menjadi unik. Sifat kristata jarang yang permanen. Suatu ketika tanaman akan kembali normal dan mengeluarkan pucuk baru sehingga bentuknya menjadi rusak. Kelak, mata tunas baru membesar dan menjadi batang.

Mutasi

Ini terjadi karena perubahan bentuk daun dan akibat terserang penyakit. Daun menjadiu keriting, mengecil, atau menyempit. Bentuk daun akan kembali normal bila tanman akan sehat kembali.

loading...
Membuat Tanaman Hias Unik | Penulis | 4.5