Memilih Media Tumbuh Bunga Anggrek

Memilih media tumbuh bunga anggrek.Fungsi media tumbuh adalah sebagai tempat melekatnya akar atau tempat berpijaknya tanaman sehingga tanaman dapat berdiri tegak dan memanfaatkan cahaya matahari serta udara di sekitarnya. Selain itu, media tanam juga berfungsi sebagai tempat penyimpanan air dan hara yang diperlukan untuk pertumbuhan anggrek.

Media tumbuh yang baik harus memenuhi beberapa persyaratan antara lain tidak lekas lapuk, tidak menjadi sumber penyakit, mempunyai aerasi dan drainasi yang baik, mampu mengikat air dan zat hara yang baik, dan mudah diperoleh sesuai kebutuhan.

Dari berbagai media tumbuh  untuk cattleya , arang menjadi pilihan yang cukup baik karena media tumbuh tersebut tidak cepat lapuk. Namun, karena tidak mengikat air maka harus sering dilakukan penyiraman. Derajat keasaman (pH) yang baik untuk pertumbuhan tanaman anggrek berkisar 5,5-6,0.memilih media tumbuh bunga anggrek

Baca Juga:
Artikel terkait

Media tumbuh yang mempunyai banyak rongga memberi peluang bagi akar untuk tumbuh dan berkembang ke segala arah karena mendapatkan banyak oksigen yang diperlukan untuk proses pernapasan (respirasi).

Tanaman anggrek dapat beradaptasi atau menyesuaikan diri dengan berbagai macam media. Faktor penting yang perlu diperhatikan adalah penyiraman dan pemupukan harus tepat untuk setiap jenis anggrek.

Sebagai contoh di daerah penanaman yang mempunyai kelembapan tinggi sebaiknya dihindari penggunaan media yang banyak menyimpan air seperti sabut kelapa sehingga akan selalu basah dan dapat menyebabkan busuk pada akar dan tunas anakan.

Berbagai jenis media tanam yang banyak digunakan antara lain pakis, sabut kelapa, arang, dan kulit kayu.

loading...
Memilih Media Tumbuh Bunga Anggrek | Penulis | 4.5