Memilih pot Tanaman Hias Philo Eceng

Memilih pot tanaman hias philo eceng.Pemilihan pot yang cocok sangat penting bagi philo eceng. Tak hanya sebagai wadah tanam, pot memiliki peranan dalam menjaga kesehatan dan pertumbuhan tanaman. Pot philo eceng memiliki dua fungsi utama, yaitu melancarkan drainase dan sirkulasi pada tanaman.

Pot philo eceng memiliki dua fungsi utama, yaitu melancarkan drainase sirkulasi udara dalam media dan tidak menghambat pertumbuhan akar. Keindahan pot juga perlu diperhatikan agar nilai estetika ‘si hijau’ semakin bertambah.

Berbagai jenis, bentuk, dan ukuran pot dapat dijumpai pada berbagai sentra penjualan tanaman hias. Pot plastik, pot tanah liat, pot batu, pot semen, pot keramik, dan pot porselin ialah jenis pot yang dapat digunakan untuk philo kodok.

Baca Juga:

Masing-masing pot memiliki kelebihan dan kekurangan. Pot terbaik ialah pot berbahan tanah liat yang sangat porous. Namun sayang, pot jenis ini mudah retak atau pecah sehingga perlu diganti secara periodik. Umumnya, pot plastik lebih banyak dipakai karena dinilai lebih murah, efisien, dan praktis walaupun tampilannya kurang menarik.pot yang cocok untuk tanaman philo eceng

Sebaiknya philo eceng tidak ditanam langsung dalam pot keramik atau porselin karena kurangnya aerasi sehingga akar mudah busuk dan terserang jamur. Apabila philo ingin dipajang sebagai tanaman hias, pot keramik atau porselin dapat dimanfaatkan sebagai pot luar (cover pot). Pot-pot jenis ini terkesan mewah, anggun, dan serasi dengan berbagai interior ruangan.

Artikel terkait

Pilihlah pot berwarna polos (putih, hitam, krem, merah marun, hijau toska, dan cokelat gelap) atau bercorak sederhana agar keelokan philo eceng terlihat menonjol. Pemilihan pot untuk menambah tampilan segar philo eceng memang memiliki trik tersendiri dan tidak sembarangan.

Supaya aliran udara semakin lancar, jangan lupa menggunakan pot yang memiliki tonjolan kaki lubang drainase pada bagian bawahnya.

Sesuaikan ukuran dan bentuk pot dengan tinggi dan lebar tajuk tanaman agar tampil seimbang. Ukuran pot kecil akan mengakibatkan pertubuhan akar dan penyerapan unsur hara terganggu. Sementara pot yang terlalu besar, membuat penampilan tanaman tidak proporsional secara keseluruhan.

Cara menanam yang benar

Umumnya philo eceng ditanam dalam pot secara soliter, baik untuk skala komersil maupun pot plant dalam rumah. Penanaman dalam pot jauh lebih efisien dan efektif dalam pengemasan maupun penggunaan media tanam.

Penanaman sebaiknya dilakukan pagi atau sore hari agar penguapan tidak berlebihan. Penanaman philo eceng bisa dilakukan kala memindahkan tanaman dari wadah semai atau pemindahan philo dari polibag. Ukuran pot yang disediakan harus sesuai dengan ukuran dan kebutuhan tanaman.

Tahap penanaman

  1. Siapkan tanaman yang akan ditanam dan pot sesuai ukuran tanaman.
  2. Keluarkan philo dari wadah semula. Bila masih dalam polibag, sobek bagian pinggir polibag dan keluarkan tanaman secara hatu-hati. Sementara jika berupa pot, ketuk-ketuk bibir pot dan keluarkan tanaman beserta media tanamnya.
  3. Isi 1/4 – 1/5 bagian pot dengan styrofoam atau pecahan genting. Lalu, tambahkan 1/2 bagian pot dengan campuran media tanam.
  4. Masukan philo eceng ke dalam pot dalam posisi tegak dibagian tengah. Tambahkan media hingga bagian permukaan pot.
  5. Padatkan media hingga tanaman cukup tegak.
  6. Tempatkan tanaman di tempat teduh hingga tumbuh mantap. Siram secara kontinu 1-2 kali sehari dengan air bersih.
loading...
Memilih pot Tanaman Hias Philo Eceng | Penulis | 4.5