Memilih Tanaman Anggrek Sehat Dan Cepat Berbunga

Memilih tanaman anggrek sehat dan cepat berbunga.Tanaman yang dipilih harus sehat agar pertumbuhannya dapat berlangsung lama dan kondisinya tetap prima. Tanda-tanda tanaman yang sehat antara lain sebagai berikut.

  1. Batang semu atau pseudobulb pada tanaman anggrek simpodial tampak terlihat gemuk berisi dan padat, sedangkan para anggrek monopodial ramping dengan bagian bawah masih terdapat banyak helaian daun.
  2. Masih banyak terdapat akar aktif yang ditandai dengan ujung akar tampak transparan, berdaging dan mengilap, berwarna hijau muda atau hijau tua agak keunguan. Bila diangkat, akar tetap menempel pada media atau potnya. Adapun pada tanaman kurang sehat, akar akan terlepas dari medianya bila diangkat.Memilih Tanaman Anggrek Sehat Dan Cepat Berbunga
  3. Daun yang sehat ditandai dengan warna yang hijau muda sampai hijau tua tergantung jenis dan varietasnya, mulus atau tidak bercak-bercak, dan segar. Apabila kurang mendapat cahaya matahari, daun tanaman tampak berwarna hijau tua dan lemas disertai dengan meningginya batang (etiolasi), serta sulit berbunga. Sebaiknya, daun tanaman yang terlalu banyak menerima cahaya matahari berwarna kuning karena terbakar. Akibat terlalu banyak cahaya, proses fotosintesis terganggu dan pertumbuhan tanaman terhambat. Dengan demikian, banyaknya cahaya matahari diperlukan tanaman anggrek disesuaikan dengan kebutuhannya yang tergantung pada genus, jenis, atau varietasnya.
  4. Tanaman yang sehat tidak terserang hama dan penyakit. Beberapa hama yang sering menyerang seperti semut, kutu, tungau, trips, kumbang, ulat, dan siput. Adapun patogen yang sering menyerang yaitu bakteri, cendawan , dan virus yang mengakibatkan penyakit seperti busuk batang, busuk akar, bercak daun, bercak bunga (bunga tidak normal). Oleh karena itu, bila dijumpai adanya hama dan penyakit serta pertumbuhan tidak normal, sebaiknya tanaman tersebut tidak dibeli.

warna bunga anggrek

Artikel terkait

Pada umumnya, hobiis membeli tanaman anggrek dalam kondisi sedang berbunga. Kecenderungan ini sangat baik agar bunga yang muncul sesuai dengan keinginan pembeli. Namun, bila tidak terdapat tanaman yang sedang berbunga, hal itu akan menjadi sulit.

Baca Juga:

Untuk mempermudahkan memilih warna bunga anggrek, ada tips sederhana, yaitu perhatikan batang dan daun tanaman. Bila batang dan daun mempunyai guratan warna keunguan maka bunga anggrek tersebut mempunyai waena ungu atau merah.

Warna ungu atau merah tersebut bisa seluruh bunganya atau hanya sebagian. Sebaliknya, bila bunga anggrek berwarna putih atau kehijauan maka batang dan daunnya mempunyai warna tersebut.

loading...
Memilih Tanaman Anggrek Sehat Dan Cepat Berbunga | Penulis | 4.5