Memperbaiki Kesalahan pada Akar Tanaman Bonsai

Cara Memperbaiki Kesalahan Pada Akar Tanaman bonsai bisa kita lakukan Pengeboran pada akar tidak dimaksudkan untuk melubangi akar atau merusak daerah perakaran. Tanaman yang memiliki akar lemah dan jumlahnya hanya sedikit dapat dibantu perbaikannya dengan pengeboran. Daerah yang dibor adalah pengkal batang tempat akar kelihatan mulai tumbuh.

Kulit pangkal batang bisa juga dikelupas sedikit. Hormon yang banyak digunakan untuk merangsang pertumbuhan akar seperti Rootone F dioleskan pada lubang bekas bor atau bekas luka kelupasan.images (15)

Barulah bagian tersebut ditutupi dengan campuran pasir dan kompos setebal 5-8 cm dari bagian yang dibor. Setahap demi setahap akar yang baru terbentuk dimunculkan di permukaan tanah agar terkena sinar matahari. Perbesaran akar dapat dibantu dengan cara ini.

Perbaikan akarĀ  dengan cara penyusuan

Penyusuan tidak hanya berfungsi memperindah batang atas, tetapi juga berguna untuk memperbaiki daerah perakaran yang lemah. Caranya, dekatkan tanaman sejenis yang masih kecil di sekitar pangkal batang.

Artikel terkait

Tanaman tersebut juga ditumbuhkan. Lantas lakukan pengikatan antara batang tanaman tersebut dengan batang bakalan bonsai. Ikatan dibiarkan sampai kedua tanaman terlihat menyatu. Apabila keduanya sudah menyatu, maka tanaman baru menyatu.

Apabila keduanya sudah menyatu, maka tanaman baru yang diikatkan dibuang bagian atasnya. Akar tetap dipelihara. Akar baru inilah yang menjadi penunjang batang bakalan bonsai.

Perbaikan penampilan akar yang kurang merata

Sering terjadi pada bakalan bonsai bagian atasnya sudah tumbuh baik dengan komposisi batang yang harmonis, tetapi bagian akarnya kurang menunjang. Akar yang muncul di permukaan pot tidak merata penyebarannya, misalnya hanya terdapat atau menyebar di satu sisi. Kesan keseluruhan yang muncul pada tanaman tersebut adalah kokoh.

Penyebabnya karena penampilan akar terlalu kecil atau sedikit, walaupun sesungguhnya akar sudah tumbuh baik. Untuk mengatasi hal seperti ini dapat dilakukan dengan sedikit tipuan pandangan. Bagian pot yang kurang berakar dapat ditutup dengan rumput atau batu.

Jangan biarkan rumput tumbuh terlalu besar atau tinggi karena bisa merusak komposisi yang sudah harmonis. Sedangkan batu cukup dibenamkan sebagian pada pot, sebagian lagi dibiarkan menonjol dekat batang. Pilihlah batu yang warna dan bentuknya mendekati warna dan bentuk akar tanaman.

loading...
Memperbaiki Kesalahan pada Akar Tanaman Bonsai | Penulis | 4.5