Memperbaiki Kesalahan Pada Batang-Ranting Bonsai

Cara Memperbaiki kesalahan pada batang-ranting bonsai.Kesalahan-kesalahan pertumbuhan pada batang dan ranting akan terlihat mencolok karena bagian ini terletak di atas pot. Beberapa kesalahan yang sering terjadi berikut cara koreksinya dapat dilihat pada uraian berikut.

Ujung batang yang terpotong dapat diperbaiki dengan memelihara tunas baru yang tumbuh dekatnya. Tunas ini dipelihara terus hingga menjadi cabang yang cukup besar. Tunas yang tumbuh miring dan mengesankan cabang diubah arahnya dengan lilitan kawat menjadi agak tegak sehingga memberi kesan bagian pucuk.images (13)

Setelah kepala baru ini tumbuh seperti yang diinginkan, ujung batang yang terpotong dihapus dengan pemotongan serong. Bila pemotongan sudah dilakukan pucuk baru dibentuk hingga sempurna. Pucuk yang sudah kokoh, tidak lentur, menandakan sudah cukup memenuhi syarat. Pada saat ini lilitan kawat dapat dilepas.

Baca Juga:

Koreksi cabang yang tumbuh saling mengait

Artikel terkait

Cabang yang tumbuh saling mengait memberi kesan sangat jelek bagi tanaman. Tak ada bonsai yang terlihat menarik bila cabangnya tumbuh saling mengait. Kesan umum yang terlihat adalah berantakan. Ini menunjukkan kurangnya perhatian si pemilik. Sebenarnya cara mengoreksinya cukup gampang.

Pilih ranting yang bagus dan nantinya akan dipelihara terus. Ranting yang tidak diperlukan dibuang, ranting yang memenuhi syarat ditumbuhkan menjadi cabang yang baik. Dengan pengawatan akan didapat cabang yang memenuhi syarat.

Koreksi cabang yang tumbuh sejajar

Cabang yang tumbuh sejajar tidak menunjukkan keseimbangan. Untuk mengoreksinya, salah satu cabang yang tumbuh sejajar dipotong sehingga terbentuk cabang yang arah tumbuhnya berselang-seling dengan cabang yang lain.

Koreksi cabang yang tumbuh membentuk lingkaran

Cabang yang tumbuh membentuk lingkaran membuat penampilan tanaman secara keseluruhan kurang pantas. Apalagi jika cabang yang tumbuh melingkar memiliki jumlah cabang lebih dari 2. Untuk cabang yang tumbuh seperti ini prinsipnya mengoreksi cabang seperti pada cabang yang tumbuh sejajar dapat diterapkan. Sisakan satu cabang saja. Lainnya dibuang. Hasil akhirnya adalah cabang yang tumbuh berselang-seling dengan cabang di atas dan di bawahnya.

Koreksi cabang yang tumbuh mengarah ke depan

Ada dua cara yang bisa diterapkan untuk mengoreksi cabang yang tumbuh ke depan.

loading...
Memperbaiki Kesalahan Pada Batang-Ranting Bonsai | Penulis | 4.5