Mencegah Dan Mengobati Hama Bunga Anggrek

Mencegah dan mengobati hama bunga anggrek.Cara pengendalian hama anggrek ada empat cara yaitu secara mekanis, menjaga sanitasi, kultur teknis, dan kimiawi.

Mekanis

Pengendalian secara mekanis dilakukan bila serangan hama masih dalam jumlah terbatas. Pada pagi dan sore hari, kumbang gajah atau sejenisnya di jepit dengan jari tangan  dan dimatikan.

Baca Juga:

Demikian pula dengan kutu tempurung yang terdapat pada daun anggrekdapat di dorong dengan kuku dan dimatikan. Keong besar dengan mudah dapat ditangkap pada malam hari dan dimusnahkan.Mencegah Dan Mengobati Hama Bunga Anggrek

Sanitasi

Menjaga kebersihan lingkungan salah satu langkah menangkal hama sebab di sampah atau gulma di kolong rak merupakan tempat yang disukai sebagai persembunyian semua jenis keong. Dengan membersihkan lingkungan secara rutin, keong tidak mempunyai kesempatan untuk bersarang dan bersembunyi. Selain itu, kebun yang masih merupakan lingkungan kerja yang baik.

Artikel terkait

Kultur teknik

Pemeliharaan yang baik dapat meningkatkan kesehatan tanaman. Penyiraman, pemupukan, pengendalian hama dan penyakit, serta penambahan atau penggantian media tumbuh dapat meningkatkan pertumbuhan tanaman.

Secara tidak langsung, pemeliharaan yang berkelanjutan dapat memantau keberadaan hama dan penyakit secara dini.

Kimiawi

Bila tingkat serangan hama dan penyakit telah di atas ambang batas atau mencapai 10%, maka pengendalian secara kimiawi sebaiknya segera dilakukan. Namun, agar tidak memberi dampak negatif bagi lingkungan, pemakaian pestisida harus terkontrol.

Dosis harus tepat dan sesuai dengan organisme pengganggu tanaman yang akan dikendalikan. Insektisida digunakan untuk mengendalikan hama berupa serangga. Akarisida dipakai untuk mengendalikan tungau. Molusida untuk mengendalikan hama keong.

Formulasi pestisida dapat berupa cairan (emulsi), tepung (dust), pasta, atau granula. Konsentrasi dan dosis penggunaannya biasanya dicantumkan pada kemasan.

Aplikasikan pestisida tersebut sesuai formulasi. Contohnya, bila dalam bentuk cairan maka pestisida diberikan dengan cara menyemprotkan. Pestisida ditaburkan atau sebagai umpan bila dalam bentuk granula.

loading...
Mencegah Dan Mengobati Hama Bunga Anggrek | Penulis | 4.5