Mencegah hama dan Penyakit Pada Bunga Adenium

Bunga Adenium termasuk tanaman yang jarang terserang hama dan penyakit. Namun, jika diusahakan secara komersial dalam jumlah banyak, ada kemungkinan tanaman terserang hama penyakit. Timbulnya hama dan penyakit disebabkan oleh tidak terjaganya kebersihan disekitar lingkungan penanaman.

Misalnya, kehadiran gulma atau daun kering yang bisa menjadi vektor hama dan penyakit. Oleh karena itu, hobiis terus mengetahui hama dan penyakit yang kerap menyerang tanaman sehingga dapat dikendalikan sejak dini.Penyakit Dan hama Pada Bunga adenium

Beberapa jenis hama yang sering menyerang tanaman adenium sebagai berikut.

Baca Juga:

1. Aphids

Hama ini berupa kutu berwarna kuning yang menyerang daun muda. Daun yang terserang penampilannya akan rusak, keriting, dan kerdil. Gejalanya tunas muda akan menjadi kering, hitam, dan mengeriting. Penanggulangannya dengan menyemprotkan insektisida Confidor dengan dosis 0,5-1 ml/air.

2. Thrips

Sosoknya seperti kutu berwarna hitam dan bergerak sangat cepat. Hama ini menyerang kuncup bunga sehingga gagal berkembang dan akhirnya menjadi kering. Untuk mengatasinya bisa disemprot Metindo dengan dosis 1 g/l air atau Agrimex dengan dosis 0,5 ml/l air.

3. Root mealy bug

Kutu menjadi momok bagi pekebun adenium. Bentuknya seperti kutu rambut dan berwarna putih. Kutu sangat gemar bersarang di dalam media yang lembab. Gejalanya pucuk tanaman layu dan bila media dibongkar, tampak akar membusuk dan terdapat hewan kecil bertepung putih menempel diakar. Penanggulangannya dengan Dursban atau Diazion dosis 1 ml/l air. Larutan disiram langsung kemedia tanam. Jika serangan terlalu parah sebaiknya media tanam di ganti.

4. Spider mite

Spider myte terutama menyerang adenium dari jenis daun berbulu. Famili Tertanychidae ini senang bersarang dibawah daun sehingga kerap ditemukan selaput tipis mirip sarang laba-laba. Tungau ini membuat warna daun pucat dan layu, lalu berubah menjadi cokelat. Tak lama kemudian daun menjadi rontok datu persatu hingga gundul.

Artikel terkait

Perkembangbiakan tungau ini sangat cepat. Dalam tempo 1-2 minggu saja seluruh daun akan gundul walaupun tidak mengakibatkan kematian tanaman. Untuk menanggulanginya, gunakan akarsida eperti Omite atau Kelthane dengan dosis 0,5-1 ml/l air. Semprotkan akarisida tersebut dengan frekuensi 2-3 kali selama 2 minggu.

5 Fungus gnat

Serangga ini seperti lalat kecil berwarna hitam dan bersayap transparan. Target serangannya adalah media tanam yang lembap. Tanaman yang terserang ditandai adanya bintik hitam pada kuncup bunga. Selanjutnya, kuncup bunga akan membusuk.

Jika ditemukan telurnya, harus segera dibuang karena telur akan menjadi ulat kecil berwarna putih yang memakan bunga muda. Untuk mengatasinya dengan menyemprotkan Trigard, Agrimec, dan Trigard dosis 0,5 ml/l air pada bagian yang terserang.

Penyakit yang kerap menyerang tanaman adenium sebagai berikut.

1. Pomopsis

Penyakit ini ditandai dengan adanya bercak cokelat pada daun yang makin lama melebar kemudian membusuk. Penanggulangannya dengan menyemprotkan Manzate, Daconil, atau Ortocide dosis 1 g/l air.

2. Layu pucuk

Layu pucuk lebih dikenal dengan julukan layu fusarium. Penyakit ini disebabkan oleh cendawan fusarium. Tanaman yang terserang ditandai pucuk daun menghitam dan membusuk, tetapi tidak berbau sehingga menyebabkan tanaman mogok bertunas. Cara mengatasinya dengan menyemprotkan Manzate, Daconil, atau Orthocie dosis 1 g/l air.

3. Busuk akar

Penyakit ini tidak disebabkan oleh cendawan, virus, atau bakteri. Busuk akar termasuk penyakit fisiologis yang ditengarai oleh penyiraman yang berlebihan. Akibatnya media tanam menjadi lembap dan membuat akar membusuk.

Jika busuk akar terjadi pada akar yang ada di atas permukaan media tanam, akan cepat dideteksi dam segera diobati. Celakanya jika sudah melebar hingga ke akar di dalam tanah. Hal itu ditandai dengan daun menguning dan tanaman menjadi kerdil.

Untuk mengatasinya, segera bongkar media tanam, lalu potong akar yang busuk dengan pisau steril. Bagian potongan tersebut kemudian di olesi fungisida Benlate. Setelah itu, tanam kembali dengan media tanam baru dan jangan disiram dulu.

 

loading...
Mencegah hama dan Penyakit Pada Bunga Adenium | Penulis | 4.5