Mencegah Hama dan Penyakit Tanaman Philo Eceng

Mencegah hama dan penyakit Tanaman Philo eceng.Siapa pun pasti tak suka bila philo eceng pujaannya terserang hama atau penyakit. Bopeng sekecil apa pun pada daun tertentu akan membuat keanggunan philo memudar. Estetika tanaman perlahan menurun sebanding dengan gencarnya serangan.

Tidak cuma itu, secara finansial nilai jual tanaman akan merosot tajam. Serangan hama dan penyakit pada philo eceng bisa terjadi bila lingkungan terlampau lembap. Kekurang waspadaan pemilik dalam merawat tanaman bisa pula faktor pemacu.

Sesungguhnya tidak banyak hama maupun penyakit yang menyerang flora tropis ini. Berdasarkan pengalaman di lapang, belalang dan kutu dompolan putih (Psedococcus sp) biasa menyerang philo kodok.

Baca Juga:

Serangan hama belalang dapat terdeteksi dengan mudah melalui lubang yang tampak pada helaian daun. Sepanjang sisi lubang atau sobekan akan terlihat bekas gigitan. Hama belalang yang menyerang philo eceng kesayangan biasanya tidak banyak, hanya 1-3 ekor saja.hama penyakit untuk tanaman philo eceng

Artikel terkait

Penanganan hama ini sangat mudah, cukup secara manual dan dimusnahkan. Jika daun yang terserang cukup parah dan mengurangi keindahan tanaman, helaianĀ  daun tersebut dapat dipangkas. Sementara kutu dompolan putih mengisap cairan tanaman hingga khususnya bagian daun keriting.

Bagian batang dan daun bisa pula terserang embun jelaga hingga berwarna hitam. Bila serangan tak terlalu parah, duan bisa dibersihkan dengan menggunakan air sabun dan dilap hingga bersih. Namun, bila serangan parah, semprot bagian tanaman yang telah terserang menggunakan insektisida sesuai aturan. Jika ingin lebih aman, buang dan bakarlah bagian tersebut agar tak menular ke tanaman lain.

Penyakit busuk akar bisa terjadi pada musim hujan, akibat kelembapan udara terlalu tinggi. Bila tanaman ditempatkan dalam ruang waktu cukup lama tanpa perlakuan yang tepat, bisa pula terserang.

Penyiraman berlebih, media tanam terlampau padat, dan alat pemeliharaan yang kurang higienis bisa pula menjadi penyebabnya. Penyakit busuk cepat sekali menjalar ke seluruh bagain tanaman. Bagian yang terserang menjadi lembek bila disentuh, blendirm dan menimbulkan bau kurang sedap.

Pencegahan penyakit diterapkan dengan menjadi sirkulasi dan drainase media tanaman. Tempatkan tanaman pada lokasi cukup cahaya. Jika philo eceng terlanjur terserang, penggunaan fungisida dapat menjadi solusinya. Alternatif lain ialah membuang bagian tanaman yang terserang secara manual.

loading...
Mencegah Hama dan Penyakit Tanaman Philo Eceng | Penulis | 4.5