Mencegah Hama Penyakit Pada Buah Melon

Mencegah hama penyakit pada buah melon.Serangan penyakit pada tanaman buah melon disebabkan oleh serangan mikroorganisme patogenik, berupa bakteri, fungi, dan virus. Bakteri merupakan mikroorganisme satu sel yang dapat dilihat dengan menggunakan mikroskop cahaya. Bakteri patogenik memasuki jaringan tanaman melalui jarngan luka atau lubang pori tanaman,  misalnya stomata.

Selain bakteri, mikroba patogenik penting lainnya adalah fungi (jamur). Fungi merupakan organisme yang tersusun dari banyak sel, bukan organisme satu sel sebagaimana halnya dengan bakteri. Fungi memasuki jaringan tanaman melalui jaringan tanaman yang luka atau rusak, melalui bukaan alami pada organ tanaman, atau secara langsung menembus lapisan kurtikula setelah merusak lapisan kurtikula tersebut secara enzimatik. Spora fungi dengan mudah menyebar mengikuti pergerakan angin atau air. Penyebarannya juga dapat dibantu oleh berbagai jenis serangga.

Penyebab serangan penyakit lainnya adalah virus. Virus merupakan mikrobia yang berukuran sangat kecil, hanya dapat dilihat dengan mikroskop elektron. Virus umumnya terdiri atas protein yang membungkus asam nukleat sebagai intinya.Mencegah hama penyakit pada buah melon

Baca Juga:

Antraknosa

Penyakit ini disebabkan oleh Collectrichum lagenarium. Gejala yang muncul pada tanaman yang terserang antraknosa adalah adanya bercak-bercak berwarna cokelat kelabu sampai kehitaman yang sedikit demi sedikit melekuk dan bersatu pada daun, batang muda, bunga, dan buah. Jaringan tanaman yang terdapat dibawahnya juga membusuk.

Penanggulangan serangan antraknosa dilakukan dengan cara sebagai berikut.

  1. Pengaturan jarak tanam yang tepat (60 cm x 60 cm).
  2. Perendaman benih dengan fungisida berbahan aktif azoksistrobin 250 g/l atau propineb 70%.
  3. Pembersihan bagian-bagian tanaman yang mati.

Busuk buah

Busuk buah disebabkan oleh Phytophtora nicotianae. Serangan pada batang di tandai dengan adanya bercak cokelat kebasahan yang memanjang. Serangan serius dapat menyebabkan tanaman mati layu. Daun yang terserang seperti tersiram air panas, kemudian meluas.

Serangan pada buah ditandai dengan bercak kebasah-basahan yang menjadi cokelat kehitaman dan lunak. Semakin lama bercak tersebut menjadi berkerut dan mengendap. Pada bagian buah yang busuk diselimuti kumpulan cendawan putih.

Penanggulangan serangan busuk buah dilakukan dengan cara sebagai berikut.

Artikel terkait
  1. Pemangkasan daun atau cabang yang berlebihan untuk mengurangi kelembapan disekitar tanah.
  2. Pergiliran (rotasi) tanaman dengan tanaman yang bukan sefamili dengan melon.
  3. Mencabut tanaman yang terserang kemudian dibakar.

Bercak daun bersudut

Bercak daun bersudut disebabkan oleh bakteri yang menyebar di air. Timbulnya bercak-bercak bersudut disebabkan karena berbatasan dengan tulang daun. Awalnya, becak tersebut berwarna putih kemudian berubah menjadi cokelat kelabu, mengering dan berlubang.

Penanggulangan yang bisa dilakukan pada penyakit bercak daun bersudut sebagai berikut.

  1. Untuk pencegahan, perlu dilakukan perendaman benih dengan bakterisida Agrimycin atau Agrept dengan konsentrasi 1,2 g/l serta penyemprotan bakterisida pada umur 20 HST diselingi dengan fungisida tembaga 2 g/l.
  2. Hindari penyiraman daun dengan air irigasi.

Embun bulu

Embun bulu (podospora xanthii) disebabkan oleh Pseudoperenospora cubensis. Serangan dimulai dengan adanya bercak-bercak berwarna kuning yang dibatasi oleh urat-urat daun sehingga terkesan menjadi bercak bersudut. Semakin lama, bercak tersebut berubah menjadi kecokelatan. Apabila daun dibalik maka akan terlihat bulu-bulu halus berwarna abu-abu dibagian bawah bercak.

Adapun penanggulangan serangan embun bulu dilakukan dengan cara sebagai berikut.

  1. Pemilihan lokasi penanaman yang jauh dari tanaman yang sefamili.
  2. Buang sisa-sisa tanaman yang terdahulu.
  3. Daun yang terserang segera dipotong atau dipangkas kemudian dibakar.
  4. Penyemprotan fungisida berbahan aktif simoksanil atau mancozeb.
  5. Gunakan varietas tahan serangan embun bulu.

Busuk pangkal batang

Busuk pangkal batang (gummy stemblight) disebabkan oleh Mycosphaerella melonis. Pangkal batang yang terserang mula-mula sperti tercelup minyak kemudian keluar lendir berwarna merah cokelat.

Penanggulangan yang bisa dilakukan dengan cara sebagai berikut.

  1. Sanitasi kebun.
  2. Tanaman yang terserang dimusnahkan dengan cara dibakar.
  3. Penyemprotan fungisida berbahan aktif Cu, thiram, atau mancozeb.

Tahap berikutnya jika tanaman terserang busuk pangkal batang adalah tanaman menjadi layu dan akhirnya mati. Daun tanaman yang terserang akan mengering. Apabila diremas, seperti kerupuk dan berbunyi kresek-kresek jika diterpa angin.

Nematoda

Akar tanaman melon yang terserang nematoda mengalami bengkak, terdapat benjolan-benjolan. Selanutnya, tanaman menjadi layu dan produksinya menjadi sangat rendah.

Penanggulangan yang sering dilakukan adalah sebagai berikut.

  1. Pergiliran tanaman.
  2. Pembersihan gulma di sekitar pertanaman karena dapat menjadi inang nematoda.
  3. Solarisasi tanah atau sterilisasi menggunakan Basamid G dengan dosis 40 g/m2.
  4. Pengendalian dengan Furadan 3G (karbofuran 3%) atau Rhocap 10 G (etoprofos 10%).
loading...
Mencegah Hama Penyakit Pada Buah Melon | Penulis | 4.5