Mengatasi Gejala Busuk Pada Tanaman Hias

Mengatasi gejala busuk pada Tanaman Hias.Baik Busuk daun,busuk akar,Busuk Hitamdll.Penyakit adalah suatu gangguan yang diakibatkan oleh adanya patogen atau jasad renik yang tidak terlihat dengan mata biasa atau mata telanjang. Contohnya, cendawan, bakteri, dan virus. Fungi atau cendawan termasuk golongan tumbuhan yang tidak mempunyai hijau daun (klorofil).

Fungi yang menyebabkan penyakit disebut parasit karena hidupnya tergantung pada jaringan tanaman yang masih aktif.  Penyakit akan aktif tumbuh dan berkembang biak pada kondisi lingkungan yang lembap, suhu tinggi, serta sirkulasi udara yang kurang baik.

Bakteri termasuk organisme bersel satu dan berkembang biak dengan cara membelah diri. Virus adalah nukleoprotein, berukuran sangat kecil dan hanya dapat terlihat dengan menggunakan mikroskop elektron.

Baca Juga:

Cendawan dan bakteri musuh utama pekebun anggrek. Namun, keberadaannya masih dapat dihindari selama tanaman diselamatkan bila pengendaliannya tepat. Mengatasi gejala busuk pada tanaman hias adalah sebagai berikut.Mengatasi Gejala Busuk Pada Tanaman Hias

Artikel terkait

Busuk hitam

Penyakit ini disebabkan oleh cendawan Pythium ultimum, Phytophthora cactorum, dan Rhizoctonia solani. Patogen ini dapat menular ke tanaman lain melalui air. Gejala yang ditimbulkan yaitu bagian pangkal pseudobulb membusuk lalu berkembang ke bagian lain, seperti daunm akar,dan rhizoma.

Penyakit busuk hitam sering menyerang Cattleya beserta kerabatnya, Oncidium, Cymbidium, Paphiopedilum, serta Vanda dan kerabatnya.

Cendawan ini sering menyebabkan damping off, yaitu gugurnya daun tanaman muda dalam Community pot (kompot). Busuk hitam dapat diberantas dengan fungisida seperti Benlate, Dithane, Daconil, dan Truban dengan dosis 0,1-0,2% atau sesuai dosis anjuran.

Busuk akar

Penyakit ini disebabkan oleh cendawan Rhizoctonia solani. Gejalanya yaitu terjadi pembusukan akar yang dapat berkembang sampai pseudobulb. Jenis anggrek yang diserang cendawan ini antara lain Cattleya beserta kerabatnya, Dendrobium, paphiopedilum, phalaenopsis, dan Vanda beserta kerabatnya.

Pengendalian penyakit ini dengan fungisida seperti Benlate, Dithane, Physan, dan Antracol dengan dosis 0,1-0,2% atau sesuai anjuran.

loading...
Mengatasi Gejala Busuk Pada Tanaman Hias | Penulis | 4.5