Mengatasi Penyakit Busuk Pada Batang Anggrek

Mengatasi penyakit busuk pada batang anggrek.Penyakit bsusk akar disebabkan oleh cendawan akar Rhizoctonia solani. Jamur ini dapat menyerang segala umur anggrek, terutama untuk jenis Cattleya, Dendrobium, Phalaenopsis, Paphiopedilum, dan Vanda. Tanaman yang ditanam pada media pakis yang rusak sangat mudah terserang penyakit ini. Media yang drainasenya jelek juga mempermudah serangan jamur ini.

Gejala serangan diawali dengan leher akar membusuk dan pembusukan itu sering kali mencapai rizoma dan umbi batang. Dayn dan umbi batang akan menguning, berkeriput, tipis, bengkok, dan lama-kelamaan daun akan rontok. Tanaman menjadi kerdil dan tidak sehat.

Untuk pengendaliannya, semua bagian tanaman yang sakit dipotong fungisida, seperti Benlate.

Baca Juga:

Penyakit layu

Penyakit layu disebabkan cendawa Fusarium oxysporum dan Fusarium oxysporum f.sp. vanilae. Jenis anggrek yang diserang antara lain Dendrobium dan Phalaenopsis.

Penyakit tersebut menyerang tanaman melalui akar atau luka bekas potongan. Gejalanya, tanaman akan menguning dan kadang-kadang melintir. Serangan Fusarium tampak berupa lingkaran atau sabuk ungu pada epidermis dan hipodermis dengan warna merah muda pada xylem dan phloem.Mengatasi penyakit busuk pada batang anggrek

Artikel terkait

Pada rizoma timbul garis-garis atau lingkaran berwarna ungu dan jika serangan berat, seluruh bagian rizoma menjadi ungu, diikuti pembusukan pada umbi batang. Tanaman akan menjadi sangat tidak sehat, bahkan tanaman akan segera mati.

Cara mengatasi serangan penyakit layu yaitu bagian yang terserang dibuang, kemudian bekasnya disemprot dengan Benlate 50W. Tanaman segera dipindahkan ke pot baru dengan media tanaman baru yang masih bersih dan media tanaman tersebut memiliki aliran udara yang lancar.

Jika menggunakan pakis sebagai media tanam, sebelum digunakan terlebih dahulu direndam dalam larutan formalin 4%. Untuk pencegahnya, sanitasi lingkungan sebaiknya dilakukan secara berkala.

Penyakit busuk hitam

Penyakit busuk hitam pada anggrek terjadi pada bagian dalam batang tanaman dan disebabkan oleh cendawan Phytophthora omnivora, Phytophthora palmivora, atau Phytophthora cactarium.

Cattleya dan Phalaenopsis sangat peka terhadap penyakit ini. Namun, penyakit tersebut dapat juga ditemukan menyerang Dendrobium, Epidendrum, dan Oncidium.

Gejala sakit terlihat dengan adanya warna hitam pada pangkal daun tersebut akan menjadi lunak, busuk, dan akhirnya daun anggrek akan terkulai mati. Jika yang terserang pucuk daun, dapat mengakibatkan pucuk mati. Penyakit ini dapat dikendalikan dengan menggunakan fungisida seperti Dithane M-45 80 WP.

loading...
Mengatasi Penyakit Busuk Pada Batang Anggrek | Penulis | 4.5