Mengeluarkan dan Menanam Bibit Plantlet Tanaman Botol

Mengeluarkan dan menanam bibit plantet tanaman botol.Sebelum bibit dikeluarkan dari botol, beberapa peralatan sarana, dan bahan yang diperlukan untuk penanaman sudah harus tersedia. Diantaranya adalah pinset atau kawat yang ujungnya telah dibengkokkan membentuk huruf U, bak plastik atau ember, kotak plastik peniris, media tanam berupa pakis atau mos halus, arang, atau bongkahan bata merah, fungisida styrofoam, pupuk majemuk NPK dan pupuk cair lengkap.

Jika menggunakan media tanaman kepingan-kepingam kulit kayu, sebaiknya bahan tersebut direbus terlebih dahulu dengan air kapur sehingga pH-nya sekitar 6,0. Proses pengeluaran dan penanaman plantlet ke dalamĀ  kompot berlangsung sebagai berikut.

Air

Baca Juga:

Bibit anggrek dalam botol biasanya lengket. Untuk memudahkan pengeluaran bibit, sebaiknya masukkan sedikit air. Sebelum diisi air, perlu memperhatikan posisi botol. Dalam keadaan terbaring, botol dipegang oleh tangan kiri dengan posisi akar sebelah atas. Selanjutnya tutup botol dibuka dan diisi air hingga setengahnya. Botol kemudian di goyang-goyangkan secara hati-hati hingga tanaman dan akar terlepas dari agar-agar.

Pinset

Bibit dijepit satu persatu dengan menggunakan pinset, kemudian ditarik ke luar. Dapat pula menggunakan kawat yang ujungnya bengkok berbentuk huruf U, selanjutnya dikaitkan ke akar lalu ditarik keluar. Bagian akar ditarik terlebih dahulu agar daun tidak tersangkut dan patah.plantet botol

Artikel terkait

DicuciĀ 

Setelah semua terangkat dari botol, bibit dicuci dengan air bersih hingga tidak ada sisa agar-agar. Hal ini untuk menghindarkan bibit dari penyakit busuk akar.

Fungisida

Setelah bersih, bibit direndam dalam larutan fungisida selama 10 menit. Dosis larutannya sekitar 1-1,5 gram/liter air. Fungsi perendaman untuk mencegah serangan jamur.

keringkan

Sebelum penanaman, bibit dikeringanginkan beberapa saat dengan meletakkan bibit di atas kertas koran. Biarkan beberapa menit hingga bibit terbebas dari air.

Diseleksi

Sebelum ditanam, bibit perlu diseleksi dan dikelompokkan berdasarkan ukurannya agar pertumbuhannya seragam.

Ditanam dalam kompot

Langkah berikutnya adalah penanaman bibit dalam kompot. Kompot sebenarnya pot biasa, tetapi ditanami bibit anggrek secara berkelompok. Kompot dapat berasal dari pot dengan diameter 16-20 cm. Kompot ukuran tersebut dapat ditanami 25-30 bibit.

Media tanam dapat berupa bongkahan bata, arang, pecahan genting, atau styrofoam. Pot diisi dengan media tanam hingga sepertiganya. Lapisan atas berupa pakis halus, cacahan sabut kelapa, atau moss sampai 1 cm di bawah bibir pot.

Setelah perlakuan terhadap kompot selesai, bibit anggrek diletakkan di atas permukaan moss dalam pot dari arah pinggir ke tengah. Kemudian akar ditutup dengan moss sampai pangkal umbi agar tanaman dapat berdiri stabil. Kedudukan pseudobulb (umbi semu) diatur agar tingginya sama dengan permukaan pot, tetapi moss tidak semuanya menutupi pseudobulb. Hal itu dimaksudkan untuk menghindari umbi busuk.

loading...
Mengeluarkan dan Menanam Bibit Plantlet Tanaman Botol | Penulis | 4.5