Mengenal Jenis Tanaman Hias Aglaonema

Mengenal jenis tanaman Hias Aglaonema.Aglaonema berasal dari bahasa Yunani yang terdiri dari kata aglaos yang berarti terang dan nema yang berarti benang (benang sari). Dengan demikian aglaonema dapat di artikan sebagai pembawa energi ‘terang’. Selain nama aglaonema, tanaman hias daun ini juga mempunyai nama lain seperti Chinese Evergreen.

Nama Chinese Evergreen terkadang membingungkan karena ada yang memberikan nama ini untuk jenis Aglaonema modestum, tetapi para botanis, nursery-man, dan di dalam buku menggunakan nama ini untuk jenis aglaonema secara umum.

Di Indonesia, aglaonema dikenal juga dengan nama sri rejeki. Ada pun di China, aglaonema disebut wan nien ching.

Baca Juga:

Thailand sebagai negara yang maju dalam tanaman hortikultura terus mengembangkan tanaman daun ini. Dari hasil pengembangan tersebut, sekarang telah tampak banyak aglaonema hibrida yang dihasilkan oleh negara siam tersebut. Warna daun aglaonema pun lebih bervariasi dan warna-warni, dari hijau, putih, hingga merah dan kuning. Oleh karenanya tak heran bila Thailand kemudian dikenal juga dengan ”siamese rainbow” yang berarti pelangi dari Thailand.unduhan

ASAL-USUL

Tanaman aglonema merupakan salah satu jenis tanaman hias daun karena keindahan tanaman ini terletak pada bentuk, corak, dan warna daunnya. Tanaman ini berasal dari negara Asia, seperti Cina bagian selatan, Indonesia, Malaysia,Birma, Thailand, dan Philipina. Di habitat aslinya, tanaman ini hidup di hutan dengan pencahayaan yang terbatas.

Dalam klasifikasi penamaan ilmiah, aglaonema masih satu famili dengan tanaman anthurium, philodendron, difenbachia (blanceng), yaitu famili Araceae. Famili tersebut mempunyai anggota dengan ukuran daun yang relatif besar. Adapun secara lengkap sistematika aglaonema sebagai berikut.

Filum         : Plantae

Divisi         : Spermatophyta

sub-divisi  : Angiospermae

Kelas          :Monocotyledoneae

Ordo          : Araceales

Famili         : Araceae

Genus        : Aglaonema

Spesies      : Aglaonema modestum,

A.brevispathum,

A.cochinchinense, A. pumilum,

Artikel terkait

A. hospitum, A. simplex,

A. commutatum, A. costatum,

A. densinervium, A. crispum

SOSOK

Tanaman aglaonema mempunyai tinggi yang beragam, dari puluhan hingga raturan sentimeter, tergantung dari jenisnya. Seperti tanaman lain, aglonema juga mempunyai bagian-bagian akar, batang, daun, bunga, dan buah.

Akar

Aglaonema mempunyai akar serabut. Akar tersebut tampak berisi (gemuk) dan berwarna putih bila kondisi tanaman cukup sehat. Sementara tanaman yang sakit, akarnya kurus dan berwarna cokelat.

Batang

Batang aglaonema termasuk pendek, tertutup oleh daun. Batang umumnya berwarna hijau muda, putih, atau merah muda. Batang tersebut tidak berkayu dan banyak mengandung air.

Daun

Umumnya, aglaonema spesies (alam) mempunyai daun yang berwarna hijau dengan corak hijau kehitaman. Dengan munculnya aglaonema hibrida, warna daun lebih bervariasi, seperti putih, hijau muda, hijau tua, merah muda, merah, hingga kuning. Bentuk dan ukuran daun bermacam-macam, tergantung dari jenisnya. Permukaan daun rata dan licin, tidak berbulu. Tepi daun rata.

Daun mempunyai tangkai dan pelepah yang memeluk dan menutupi batang sehingga secara umum batang tanaman tidak tampak.

Bunga

Bunga muncul diketiak daun, bentuk bulir, berwarna putih. Bunga tertutup oleh seludang berwarna putih kehijauan. Bila tidak dilakukan penyilangan, bunga dipetik agar zat hara yang terserap tidak dipergunakan untuk pertumbuhan bunga, tetapi untuk pembentukan daun. Pada umumnya, daun baru akan berukuran lebih kecil bila bunga dibiarkan tumbuh.

Bunga aglaonema terdiri dari spata dan spadiks. Spata merupakan seludang bunga. Spata ini masih dalam posisi membungkus  spadiks (bunga) sampai bunga tersebut terbuka. Tingkat atau derajat terbukanya spatha juga berbeda-benda untuk setiap jenis.

Bunga jantan (staminate) terletak diposisi atas spadiks, sedangkan bunga betina (pistillate) terletak di bagian bawah. Semua aglaonema mempunyai tipe bunga yang sama. Perbedaannya hanya pada bentuk dan ukuran spata dan spadiks.

Buah dan biji

Bila terjadi pembuahan, bunga akan berkembang menjadi buah. Pada mulanya, buah akan berwarna hijau dan semakin tua akan berubah menjadi merah. Kulit buah yang telah berwarna merah akan mudah dikupas. Didalamnya, terdapat biji yang berwarna cokelat.

loading...
Mengenal Jenis Tanaman Hias Aglaonema | Penulis | 4.5