Mengenal Lebih Dekat Tanaman Hias Philo Eceng

Mengenal Lebih dekat Tanaman Hias Philo eceng.Perlahan para kolektor mulai beralih perhatian pada tanaman hias daun, seperti anthurium, aglaonema, keladi hias, dan philodendron tentunya. Tampilan tanaman jenis ini jauh dari semarak warna-warni bunga nan ceria.

Namun, guratan tegas urat daun disertai kealamian warna sosok tanaman seakan merepresentasikan mistisnya hutan hujan tropis yang hangat. Tak cuma itu, tanaman hias daun cukup ‘bunglon’ ditempatkan di berbagai sudut ruang dengan perawatan yang sederhana.

Tren tanaman hias daun rupanya turut menaikkan pamor philo enceng. Sejak awal tahun 2007, ‘virus’ philoeceng mulai mewabah cepat ke berbagai kota besar di Indonesia. Tak hanya Jakarta dan sekitarnya, kepopuleran philo eceng turut pula merambahi kota gudeg Yogyakarta, Bali, Magelang, dan Surabaya.

Baca Juga:

Bandrol harga yang ditawarkan untuk satu pot philo eceng pun tergolong tinggi, dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Bahkan, tak jarang hobiis merogoh kocek lebih dalam andaikan philo eceng pujaan mengalami kelainan dari segi corak warna maupun bentuk indahnya.

Di beberapa even, daya pikat philo eceng sempat pula membayangi kedudukan ‘si bunga ekor’ anthurium. Decakkagum dan penasaran hobiis akan keistimewaan tanaman ini pun tak bosan terucap.Mengenal Lebih dekat,tanaman Hias philo eceng

Artikel terkait

Kecenderungan minat kolektor tanaman hias untukmelirik ‘si hijau kembung’ makin nyata terlihat. Bahkan, perburuan philo eceng-terutama hasil keberagaman genetik-mulai melanda para kolektor yang haus akan tanaman antik dan tampil beda.

Philo eceng merupakan salah satu dari 350-400 spesies philodendron yang telah terindentifikasi sebagai bagian dari kekayaan flora di planet biru ini. Sebagai tanaman epifit, philodendron suka menempel rapat atau merambati batang pohon besar.

Keunikan tangkai daun kambungnya membuat philo jenis ini mudah diingat dan patut dikoleksi pengagumnya. Secara botani, tanaman hias daun nan menawan ini dikenal dengan dua sinonim nama. Berikut taksonomi rinci philo kodok di dunia tanaman.

Famili       :  Araceae

Subfamili  :  Aroideae

Suku           :  Philodendreae

Genus         :  Philodendron (Schott, 1829)

Spesies       : P. Cannaefolium C. Martius

Sinonim      : Philodendron martianum Engl.

Bila dirunut lebih spesifik, philodendrom berasal dari dua paduan kata berbahasa Yunani, yaitu philo (cinta) dan dendron (pohon). Banyak arti mendalam dapat disimpulkan dari istilah ‘cinta pohon’ ini.

Pada simpulan psikologis, philodendron dipercaya mampu menciptakan suasana hangat, damai, dan penuh kasih sayang di setiap ruang yang disinggahinya. Namun, tak jarang ada hobiis mengartikan kata ‘cinta’ dari helaian daun berbentuk hati atau jantung.

loading...
Mengenal Lebih Dekat Tanaman Hias Philo Eceng | Penulis | 4.5