Mengenal Pertumbuhan dan Perkembangan Tanaman Buah Dalam Pot

Sebelum Anda memulai budidayaTanaman buah dalam pot atau yangb singkatanya tabulampot, Anda harus memahami segala hal yang menjadi persyaratan tumbuhnya tanaman tersebut. Diantaranya mengenal cara pertumbuhan dan perkembangan tanaman buah tersebut. Apabila Anda mengetahui pertumbuhan dan perkembangan tanaman buah Anda akan dapat merangsang pembuahan tambulampot. Pada masa hidupnya, tanaman buah mengalami dua fase pertumbuhan dan perkembangan.images (2)

Fase pertumbuhan dan perkembangan tanaman buah yang pertama yaitu fase vegetative. Pada fae ini berlangsung proses pembelahan sel-sel, diferensiasi sel-sel, pemanjangan sel-sel dan pembentukan jaringan untuk mengembangkan sistem perakaran, pembentukan batang dan pembentukan daun. Pada fase ini sebagian karbohidrat hasil fotosintesis disimpan sebagai makanan cadangan. Makanan cadangan ini akan digunakan pada fase generative.

Pada proses ini tanaman memerlukan unsur hara yang sesuai untuk mencapai pertumbuhan dan perkembangan bagian tanaman vegetative secara optimal.

Baca Juga:

Fase pertumbuhan dan perkembangan tanaman yang kedua yaitu fase generative. Pada fase ini berlangsung pembentukan dan perkembangan kuncup bunga, buah, dan biji. Selain itu, pada fase ini juga berlangsung proses pembesaran dan pendewasaan struktur penyimpanan makanan, akar, dan batang. Pada fase ini banyak memanfaatkan karbohidtrat dari makanan cadangan yang telah mulai disimpan pada fase vegetative.

Sesungguhnya pada saat fase generatif berlangsung, fase vegetatif juga berlangsung. Hanya saja pertumbuhan dan perkembangan bagian generative tumbuhan lebih dominan.

Faktor yang memengaruhi fase generative

Keberhasilan berlangsungnya fase generative ini ditentukan oleh dua faktor, yaitu faktor internal dan eksternal.

Artikel terkait
  • Faktor internal meliputi gen atau faktor pembawa sifat. Misalnya sifat buah manis,sifat kulit keriput, dan sifat berbiji kecil.
  • Faktor eksternal yaitu kesesuaian suhu, intensitas cahaya, jumlah air, dan pupuk. Apabila faktor-faktor tersebut tidak mendukung pertumbuhan dan perkembangan generative maka bisa jadi akan menyebabkan fase Vegetatif akan berlangsung lama dan fase generative tidak segera kunjung mulai.

Intensitas cahaya matahari

Cahaya matahari diperlukan tanaman untuk fotosintesis. Fotosintesis menghasilkan energy untuk pertumbuhan dan bermanfaat untuk proses pembungnaan atau pembuahaan. Pembentukan percabangan dan buah akan berlangsung optimum apabila cahaya matahari cukup (minimal 8 jam dalam sehari). Apabila cahaya matahari kurang, maka tumbuhan akan tumbuh memanjang atau etiolasi dan malas berbuah. Atau jika berbuah, buahnya tidak tumbuh optimal. Cahaya matahari juga mempengaruhi warna kulit buah. Sebagai contoh mangga. Buah mangga yang sisinya terkena cahaya matahari akan berwarna merah, sedangkan sisi yang tidak terkena cahaya matahari akan berwarna hijau.

Proses fotosintesis akan berjalan optimum pada suhu antara 20-35 derajat celcius. Suhu yang terlalu rendah dapat menghambat proses fisiologi tanaman. Sebagai contoh pada suhu tinggi, daun akan berguguran sehingga penyerapan air terhambat. Apabila jumlah air dilingkungan sedikit, transpirasi akan menurun, sehingga fotosintesis melambat. Berkurangnya daun menjadi tempat berlangsungnya fotosintesis dan air sebagai bahan baku proses fotosintesis menunjukkan bahwa energy yang diperoleh tanaman juga berkurang. Akibat pertumbuhan dan pembungaan pada tanaman terhambat.

Pada musim hujan intensitas cahaya matahari berkurang sehingga laju fotosintesis berkurang. Akibatnya pertumbuhan dan pembungaan menjadi terhambat. Dengan curah hujan yang tinggi, membuat bunga rontok. Pada saat curah hujan tinggi, kelembapannya pun juga tinggi. Kondisi ini akan membuat putik membusuk. Akibatnya, penyerbukan tepung sari ke putik menjadi terganggu. Kondisi ini tentu akan berpengaruh pada buah yang di hasilkan. Jika musim hujan terkadang rasa manis pada buah menjadi agak berkurang, sehingga dapat mengrangi kualitas buah.

loading...
Mengenal Pertumbuhan dan Perkembangan Tanaman Buah Dalam Pot | Penulis | 4.5