Mengganti Media Tanam (repotting) Philo Eceng

Menganti media tanaman(repotting) Philo eceng.Dalam jangka waktu tertentu, Tanaman pot philo eceng harus diganti dengan pot baru agar tampak lebih proporsional. Biasanya repotting dilakukan setahun sekali. Penggantian pot dapat pula dilakukan berbarenagn dengan pertukaran media tanam. Tak jarang, penggantian pot dengan warna berbeda akan menimbulkan perubahan suasana dalam ruang sehingga lebih dinamis.

Pergantian dilakukan bila philo telah menunjukkan pertumbuhan yang lambat. Hal ini disebabkan drainase dan sirkulasi tanaman terhambat. Secara visual, hobiis dapat melihat akar-akar tanaman menyebul keluar pot. Repotting dilakukan pula jika ukuran tanaman tumbuh terlampau besar dan tak bisa diimbangi lagi oleh ukuran pot.

Tahapan repotting

Baca Juga:
  1. Siapkan tanaman yang akan di-repotting.
  2. Goyang-goyang dan ketuklah bagian bawah pot untuk merenggangkan media tanam. Keluarkan tanaman secara hati-hati dari dalam pot. Tahan bagian akar dan tangkai tanaman dengan tangan.
  3. Siapkan pot baru yang akan digunakan.
  4. Isi 1/4 – 1/5 bagian pot dengan styrofoam atau pecahan genting, lalu isi 1/2 bagian pot dengan racikan media tanaman. Masukkan philo eceng ke dalam pot dalam posisi tegak di bagian tengah.
  5. Rapikan bagian akar yang menyembul keluar media tanam.
  6. Tambahkan media hingga bibir pot dan padatkan.
  7. Siram tanaman hingga basah dan tempatkan di lokasi teduh hingga tanaman dapat beradaptasi.
  8. Tanaman dengan pot baru terlihat lebih menawan.repoting philo eceng

Agar daun mulus dan berkilau

Artikel terkait

Tampilan philo eceng dengan daun mulus memiliki poin lebih di mata peliriknya. Tanpa kotoran atau debu disekujur tubuh, tekstur dan urat philo tentu akan semakin mencuat. Selain kurang sedap dipandang, tanaman yang kotor dapat memperhambat untuk tumbuh dan berkembang.

Debu-debu berukuran mikro bisa menyumbat pori-pori permukaan sehingga mengganggu proses respirasi dan fotosintesis tanaman.

Mengilapkan daun memang pekerjaan yang mudah, namun seringkali terabaikan. Beragam cara dapat diterapkan untuk menambah kemilau daun dan batang philo eceng. Jika philo ditempatkan dibawah paranet, sebenarnya cukup dihujananginkan saja.

Namun, daun dibersihkan seminggu sekali dengan menggunakan kain halus atau spon. Cara lain ialah dengan menyemprot daun atau bagian yang kotor dengan sprayer tekanan ringan agar daun tidak sobek.

Bila hobiis memiliki dana lebih, mengelap lembaran daun dengan cairan susu murni sangat direkomendasikan. Kandungan dalam susu dipercaya dapat membuat daun lebih segar dan sehat dan sehat berkilau.

Penggunaan lapisan kilap bisa saja diterapkan, namun mengingat Indonesia merupakan negara tropis yang lembap, cara ini dapat menyumbat pori-pori tanaman.

Pengelapan pada philo eceng sebaiknya tidak dilakukan terlampau sering sebab dapat mengikis permukaan daun yang cukup rentan. Sebelum dilap menggunakan lain, sebaiknya butiran kasar pada tanaman dibersihkan dahulu dengan kuas halus atau kemoceng.

loading...
Mengganti Media Tanam (repotting) Philo Eceng | Penulis | 4.5