Mengganti pot (planting) Untuk Tanaman Hias Philodendron

Cara menganti pot atau yang biasa di sebut planting untuk Tanaman hias Philodendron serta perawatanya adalah sebagai berikut.

  1. Pilih pot sesuai dengan ukuran tanaman. Pastikan pot bersih dan terdapat lubang di bagian dasar untuk membuang kelebihan air.
  2. Masukkan potongan styrofoam setinggi 1/5-1/4 tinggi pot, lalu masukkan campuran media yang sudah di siapkan ke pot kira-kira separuh pot.
  3. Bongkar tanaman dari polybag dengan cara menyobek atau mencopotnya. Media tanam yang melekat di akar di bersihkan atau bila perlu dicuci dengan air. Upayakan akar tidak putus atau terpotong selama proses pembongkaran dan pembersih.
  4. Masukkan tanaman ke pot dalam posisi tegak. Pastikan akar menyebar merata dan tidak saling menumpuk.
  5. Taburkan media hingga penuh sampai bibir pot. Ketukkan pot secara perlahan agar meda menyebar merata dan turun karena bagian dalam belum padat.
  6. Setelah semua beres, lakukan penyiraman hingga basah. Letakkan tanaman di tempat yang teduh untuk penyesuaian.Mengganti pot (planting) Untuk Tanaman Hias Philodendron

(Repotting)

  1. Siapkan tanaman yang akan di-repotting,berikut potnya.
  2. Ketukkan pot agar media tanam tidak terlalu padat. Lalu, keluarkan sebagian media yang berada di pot. Angkat tanaman secara perlahan dengan tangan kanan, sambil pot di tahan
  3. Siapkan pot yang berukuran lebih besar (sesuai dengan besar tanaman). Pot harus dalam kondisi bersih dan pastikan ada lubang pembuangan di bagian dasar pot. Masukkan potongan styrofoam hingga 1/5-1/4 tinggi pot, lalu tambahkan media yang sudah disiapkan ke dalam pot hingga separuh pot. Selanjutnya, masukkan tanaman ke pot dalam posisi tegak. Taburkan media hingga penuh, lalu ketukkan pot perlahan agar media agak turun.
  4. Siram media hingga basah, lalu letakkan di lokasi yang teduh.

Penanganan 

Baca Juga:

Asal ada uang, gampang saja membeli philo idaman. Apalagi tanaman hias daun yang cantik ini mudah di peroleh di nurseri besar atau kios-kios tanaman hias di pinggir jalan. Namun, hati-hatilah memilih tempat membeli karena tidak semua penyedia tanaman hias menjamin kualitas/kondisinya.

Artikel terkait

Untuk itulah, diperlukan kiat tersendiri dalam membeli agar tidak kecewa kelak di kemudian hari.

Banyak jenis philo sering kali membuat bingung begitu sampai di tempat penjual. Apabila tidak hati-hati dan tidak selektif memilih, bisa didapat tanaman yang kurang baik.

Ada 2 hal yang mesti di perhatikan kala membeli tanaman hias, khususnya philo, yaitu jenis dan umur/ukurannya. Hal ini tentu saja berkaitan dengan cara perawatannya di rumah.

Jenis

Sebelum membeli, langkah awal adalah menentukan jenis philo yang diinginkan. Meski pertimbangan ini mengarah pada selera dan keinginan, tetapi sebaiknya pemilihan tanaman disesuaikan dengan kondisi, fungsi, serta letak agar tetap sehat dan serasi penataannya di rumah. Sebagai contoh, Philodendron martianum atau populer dengan nama philo eceng/kodong di pajang di sudut ruangan atau di meja tamu (ukuran kecil).

Lainnya halnya, philodendron ”Marble” atau Philodendron bipinnatifidum yang berdaun lebar cocok ditempatkan di teras rumah atau ruangan yang agak luas. Namun, itu tidak mutlak karena tanaman besar juga bisa di letakkan di meja asal bentuk dan penataannya serasi.

Dikaitkan dengan kondisinya, Philodendron ”Golden ball” cukup tahan di tempat teduh dalam waktu lama, sebaliknya Philodendron ”Millo” relatif tahan berjemur di bawah cahaya matahari.

Ukur/ukuran

Pertimbangan umur atau ukuran penting ketika membeli philo karena berkaitan dengan perawatan selanjutnya. Umur atau ukuran tanaman memiliki fase pertumbuhan sehingga perawatannya pun berbeda.

Untuk itu, kenali terlebih dahulu masing-masing fase/umur dengan melihat ukurannya. Djsebut bibit karena berukuran kecil, baik batang maupun daunnya. Di tempat penjual, bibit dijual di polybag atau pot kecil (diameter 8 cm).

Pada fase ini penampilan tanaman kurang bagus untuk di pajang sehingga membutuhkan perawatan selama beberapa bulan. Lain halnya bila tanaman yang berukuran sedang atau besar merupakan fase dewa dapat langsung di pajang di ruangan.

Penampilannya kian menarik bila diganti pot (porselin, semen, tanah liat) atau dimasukkan ke dalam cover pot (anyaman bambu,kayu,rotan).

loading...
Mengganti pot (planting) Untuk Tanaman Hias Philodendron | Penulis | 4.5