Menghias keindahan rumah Dengan Bunga Euphorbia

Euphorbia adalah tanaman bunga yang menakjubkan. Tanaman bernama ilmiah Euphorbia milii ini tidak berhenti memamerkan bunga yang berwarna-warni sepanjang tahun, baik musim hujan maupun musim kemarau. Puluhan jenis pak sien hwa-sebutan dalam bahasa Cina yang berarti bunga delapan dewa-ditanam untuk menyemarakkan tanaman. Tanaman sepanjang 50 cm ini tumbuh subur di atas gundukuan tanahnya.

Dompolan bunga putih dan oranye berpadu kontras sehingga menambah keindahan taman. Sementara tanaman kecil berbunga kuning dan merah tampil berderet mengelilinginya. Di sudut lain, euphorbia berbunga hijau dan merah muda sedang berbunga lebat sehingga menjadikan tanaman itu semakin meriah.unduhan (2)

Warna bunga euphorbia bervariasi, mulai dari merah, hijau, putih, hingga kuning. Bahkan beberapa bunga memiliki kombinasi dua warna atau lebih. Kehadiran corak atau setrip di atas mahkota mempercantik penampilan bunga.

Baca Juga:

Keindahan memikat tersebut dimiliki siamese ruby yang berbunga besar, berwarna merah muda cerah, dan setrip hijau di pinggiran mahkota bunga.

Bentuk bunga euphorbia yang beragam memperindah tanaman. Mahkota bunganya ada yang berbentuk bulat, bulat lancip, dan oval. Bahkan, ada bunga yang bermahkota menumpuk seperti mawar. Dengan daun dan bunga yang berlimpah, tak heran bila tanaman tersebut tampak cantik bila di tanam di pot atau sebagai elemen tanam.

Artikel terkait

Euphorbia memiliki banyak jenis. Dari beberapa literatur tercatat lebih dari 82 varietas yang telah dikembangkan di Thailand. Penangkar di Negeri Gajah Putih tersebut menyukai bunga besar dan berwarna cerah. Sementara penangkaran di pulau Formosa, Taiwan, lebih menyukai bunga berukuran mini dan berwarna lembut.

Penangkaran di Indonesia pun tak kalah sigap menghasilkan beberapa jenis euphorbia baru dengan memanfaatkan hasil perbanykan untuk mendapatkan variasi terbaru.

Berkembangnya anggota sukulen tersebut tidak lepas dari mitos yang beredar di masyarakat. Tanaman hias berduri tersebut dipercaya sebagai pohon pembawa keberuntungan dan pengusir roh jahat. Hal ini terlihat dari bentuk bunganya yang menyerupai angka 8 (delapan).

Bagi etnis Tionghoa, angka 8 dianggap simbol kekeramatan, kesejahteraan, dan keberuntungan. Sementara itu, masyarakat Bangkok, Thailand, mempercayai bahwa euphorbia dapat menjadi penangkal roh jahat.

Tanaman cantik ini relatif adaptif ditanam di berbagai daerah. Euphorbia dapat tumbuh dengan baik di dataran rendah dan tinggi. Di sebuah nurseri di Sentul, Bogor, sebuah tanaman euphorbia setinggi 10 cm sudah mengeluarkan dompolan bunga.

Tanaman yang terawat baik akan tumbuh subur dan selalu memamerkan bunga. Bunga yang telah mekar dapat bertahan hingga tiga bulan. Bahkan, bunga dari jenis forever green mampu bertahan selama setahun tanpa kerontokan.

Perawatan euphorbia terbilang mudah. Namun, memunculkan bunga kompak disetiap ketiak daun sehingga daunnya nyaris tertutup bukanlah hal mudah. Hal tersebut membutuhkan perawatan dan keahlian khusus untuk memperolehnya.

loading...
Menghias keindahan rumah Dengan Bunga Euphorbia | Penulis | 4.5