Mengkilatkan Daun Philodendron Dan Tampilannya

Mengkilatkan Daun philodendron dan tampilanya-Philodendron yang terawat dengan baik dapat memberikan kesan ekslusif. Bentuk daun philo menarik, warna daun hijau segar dan mengilap membuat ruangan semakin asri sekaligus memberikan kesan estetis. Bila di pajang di dalam ruangan, gaya dan warna interior menjadi pertimbangan utama.

Philo dapat dipajang di ruanganĀ  bergaya modern atau klasik. Pertimbangan lain, luas ruangan. Bila sangat luas, pilih jenis bersosok besar dan berdaun lebar agak tampak anggun. Untuk pajangan di meja sebaiknya philo yang berbentuk unik atau daun menarik.

Mempesona di Pot

Baca Juga:

Kadang philo ditanam di pot plastik hitam yang sudah kusam sehingga penampilannya kurang menarik. Untuk mengatasinya dengan memindahkan tanaman ke pot baru agar lebih indah.

Namun, cara ini butuh waktu lama dan sering kali berisiko kematian. Makanya, perlu pot luar (cover pot) agar penampilannya lebih mempesona.Mengkilatkan Daun Philodendron Dan Tampilannya

Sebagai pot luar yang menonjolkan keindahan maka bentuk dan desainnya dibuat artistik. Pada saat ini pot luar terbuat dari anyaman bambu, eceng gondok, rotan, atau bilah-bilah kayu yang dususun sedemikian rupa sehingga sangat menarik. Agar tampak serasi, ukuran tanaman sebaiknya disesuaikan dengan besar-kecilnya pot.

Pot luar memang berfungsi untuk menyembunyikan pot dalam yang kurang menarik sehingga secara estetika tampil lebih indah. Namun, ada pula pot yang multi fungsi (pot dalam sekaligus pot luar).

Bahannya terbuat dari pelastik dengan warna menarik (biasanya hijau dan merah) dan bentuk bervariasi ( bulat, empat persegi, atau segi enam/delapan).

Artikel terkait

Pot ini juga dilengkapi alas berbentuk cawan ceper yang berguna menampung kelebihan air. Selain awet, pemakaian pot ini lebih menghemat sebab tak perlu lagi membeli pot luar.

Sosok philo bervariasi, ada yang bulat lonjong meruncing, berbentuk hati, atau menjari mirip pepaya. Ukuran daunnya besar atau kecil, dan lebar atau sempit, dan bertangkai pendek atau panjang.

Besar kecilnya pot menjadi ukuran pot yang dipilih ternyata lebih kecil dibandingkan tanamannya. Philo bersosok mini dan bulat setinggi 30 cm dapat memakai pot pendek bulat berdiameter 15 cm.

Jenis philo ini berdaun lonjong silindris sebaiknya ditanam di pot yang agak tinggi. Agar tanpil lebih indah pot dapat diletakkan di atas meja atau penyangga (stager) terbuat dari kayu atau semen.

Saat memilih pot sebaiknya tidak terpancang pada model atau bentuk saja, juga warna harus mesti diperhatikan. Soalnya, keindahan philo yang anggun akan tampil memikat bila kombinasikan dengan warna pot yang mempesona. Bukan saja warna, pot-pot dengan ornamen ukiran yang indah akan membuat tampilan lebih dekoratif.

Daun Mulus

Tampaknya memanjang philo menjadi tren di rumah-rumah mewah, gedung perkantoran, hotel, dan apartemen dengan maksud agar suasana semakin asri dan segar.

Selain sosoknya anggun dan warna daun hijau segar, tanaman ini relatif tahan lama di dalam ruangan dalam (indoor plant), tahan kondisi kurang cahaya dan ruangan dalam (indoor plant), tahan kondisi kurang cahaya dan ruangan ber-AC. Kelebihan lain, daun tidak cepat rontok , penampilan tetap baik, dan segar selama 1-2 minggu.

Meski philo tahan di dalam ruangan, buka berarti tanaman ini tidak pernah dikeluarkan dari rumah. Terlalu lama berada di dalam ruangan membuat proses respirasi terganggu sehingga berpengaruh pada kesehatan dan pertumbuhannya. Jadi, untuk mendapatkan philo kesayangan tumbuh subur, sehat, dan segar diperlukan perawatan intensif.

loading...
Mengkilatkan Daun Philodendron Dan Tampilannya | Penulis | 4.5