Merawat Anggrek Cattleya Harian

Merawat anggrek cattleya Harian.Kegiatan penting yang harus diperhatikan oleh hobiis Cattleya adalah memahami dan mengetahui cara perawatannya. Tahapan ini harus diketahui oleh hobiis karena Cattleya yang dirawat dengan baik akan memberikan hasil baik, yaitu memberikan tampilan bunga yang menarik dan selalu berbunga.

Dalam perawatannya Cattleya beberapa faktor yang perlu diperhatikan di antaranya kebutuhan cahaya matahari, suhu, kelembapan, media tanam, pemupukan, dan repotting.

kebutuhan cahaya matahari

Baca Juga:

Cattleya dan kerabatnya memerlukan cahaya matahari yang cukup untuk pertumbuhan dan pembungaan. Faktor kurangnya cahaya menjadi sebab utama gagalnya proses pembungaan. Intensitas cahaya matahari untuk Cattleya dan kerabatnya berkisar 2.000-2.500 fc.

Pengaturan intensitas cahaya dapat dilakukan dengan cara pemberian naungan dari paranet atau sejenisnya. Namun, Cattleya dapat tumbuh dengan intensitas cahaya 700-1.000 fc meskipun pertumbuhannya lambat dan hanya menghasilkan sedikit bunga.

Jika suhu tinggi, sebaiknya intensitas cahaya diatur agar supaya lebih rendah atau sebaliknya. Intensitas cahaya dapat diukur dengan alat pengukur cahaya (light meter).

suhu ideal

Anggrek Cattleya dan kerabatnya tumbuh paling ideal pada suhu antara 14-29 derjat celcius (58 dejat-85 derjat Farenhit), yaitu suhu 12,8-15,6 derjat Celcius pada malam hari dan 23,9 – 29,4 derjat celcius pada siang hari.

Artikel terkait

Selain peka terhadap cahaya serta perbedaan suhu antara siang dan malam, Cattleya dan kerabatnya juga peka terhadap rangsangan fotoperiodisitas sehingga musim berbunga dipengaruhi oleh suhu dan lama penyinaran.merawat anggrek cattleya harian

Untuk menciptakan suhu ideal, penanaman dapat dilakukan dalam greenhouse atau rumah kaca yang dilengkapi dengan alat pengatur suhu dan alat pelembap udara (humidifer). Namun, pengadaan sarana tersebut tentunya membutuhkan tambahan biaya.

 kelembapan

Kelembapan nisbi (RH) untuk tanaman anggrek berkisar 60-80%. Pada malam hari, kelembapan jangan terlalu tinggi karena dapat mengakibatkan akar dan tunas-tunas muda menjadi busuk. Sementara kelembapan yang sangat rendah pada siang hari dapat meningkatkan transpirasi sehingga tanaman menjadi layu dan akhirnya menjadi keriput.

Anggrek ini tergolong anggrek yang sedikit lebih tahan terhadap kekeringan karena pseudobulbnya yang cukup besar

Kelembapan udara di sekitar tempat penanaman anggrek dapat dia tur dengan cara penyemprotan air. Pada musim hujan, Cattleya dan kerabatnya yang ditanami dirumah kaca memerlukan sedikit air karena proses penguapan cukup rendah.

Sebaliknya, bila kelembapan di sekitar tempat penanaman rendah maka perlu dilakukan penyemprotan air dengan bantuan sprayer untuk menghindari kekeringan pada anggrek.

Pada umumnya anggrek dapat hidup baik bila kelembapan udara tidak lebih dari 80% pada siang hari dan tidak kurang 50% pada malam hari. Cara lain untuk menciptakan kelembapan di lokasi penanaman adalah dengan membuat kolam di bawah rak penanaman.

loading...
Merawat Anggrek Cattleya Harian | Penulis | 4.5