Merawat Bibit Plantlet Dalam Pot

Merawat bibit plantet Dalam pot.Bibit kompot yang selesai ditanam memerlukan perawatan agar dapat tumbuh sehat. Berikut ini beberapa hal yang harus diperhatikan dalam merawat bibit kompot.

Tempatkan Dalam Tempat Teduh

Bibit dalam kompot sebaiknya diletakkan di tempat yang teduh, lembap, dan terhindar dari sinar matahari langsung, tetapi tidak terlalu gelap. Tempat tersebut juga harus memiliki sirkulasi udara yang lancar, aman dari gangguan hama, dan binatang perusak. Untuk menciptakan kondisi tersebut sebaiknya bibitĀ  diberi naungan dengan menggunakan jaring hitam.

Baca Juga:

Siram Secara Rutin.

Penyiraman merupakan salah satu faktor pemeliharaan yang kritis. Dalam hal ini, air siraman berfungsi sebagai pengangkut dan pelarut zat hara dalam tubuh tanaman, pengisi sel atau jaringan, pengatur turgor (tekanan) sel, serta pengatur suhu daun agar tidak terlalu tinggi saat cuaca panas.merawat bibit plantet dalam pot

Artikel terkait

Penyiraman rutin dilakukan secara setiap 1-2 kali sehari dengan menggunakan sprayer. Kedudukan nosel perlu diatur terlebih dahulu agar air menyemprot ke dalam bentuk butiran-butiran kecil. Penyiraman dilakukan tanpa menggoyang tanaman sedikit pun. Air disemprotkan ke seluruh bagian tanaman dan media tanam sampai cukup basah, tetapi tidak membuat tanaman basah kuyup.

Dipupuk

Seminggu sesudah penanaman dalam kompot, tanaman dipupuk dengan pupuk daun yang mengandung unsur NPK dengan perbandingan 30% N, 10% P, dan 10% K. Sebanyak 2 gram pupuk serbuk atau 2 cc pupuk cair dilarutkan terlebih dahulu dalam 1 liter air. Pemupukan diberikan setelah penyiraman selesai dengan selang waktu 2 kali seminggu.

Hama atau penyakit

Untuk melindungi tanaman dari serangan hama dan penyakit, setiap dua atau tiga minggu sekali dilakukan penyemprotan insektisida dan fungisida secara bergantian dengan konsentrasi 1-2 cc/liter atau 1-2 gram/liter air.

Pot individu

Setelah umur tanaman mencapai 3-6 bulan, permukaan kompot tampak penuh. Tanaman muda harus dipindahkan ke pot individu berdiameter sekitar 4-6 cm. Pemindahan tanaman anggrek dari pot ke pot sangat penting dilakukan, jika ukuran pot sudah terlalu kecil agar tidak menghambat pertumbuhan tanaman.

Sejak plantlet ditanam dalam kompot hingga menjadi tanaman yang berbunga dalam pot individu, anggrek membutuhkan waktu pemeliharaan sekitar 1-2 tahun.

loading...
Merawat Bibit Plantlet Dalam Pot | Penulis | 4.5