Morfologi dan Fisiologi Tanaman Mangga

Morfologi dan Fisiologi Tanaman Mangga – Pohon mangga adalah pohon yang dapat tumbuh tinggi dengan struktur batang arboreus, ketinggian pohon mangga dapat mencapai 5 meter dengan memiliki batang yang bercabang lebih dari satu.

Pohon mangga tidak dapat tumbuh tinggi lagi ketika pohon tersebut sudah tua dan akar pohon telah sapai ke permukaan air tanah.

Batang mangga

Baca Juga:

Tanaman mangga dapat tumbuh tegak, keras, dan kuat itu dikarenakan batang mangga tersebut banyak mengandung zat-zat kayu. Batang mangga memiliki kulit yang tebal dan kasar dan berwarna cokelat gelap jika batang nya sudah tua.

Daun

Di dalam daun mangga terdapat senyawa yang menstimulasi sintetis glikogen. Daun mangga tersebut bertulang dan berurat-urat, urat pada daun mangga tertutupi dengan daging daun. Tangkai daun memiliki panjang dari 1,25 cm hingga 12,5 cm, ini tergantung dengan tingkat kesuburan tanaman.

Jika masih muda daun mangga berwarna agak kemerahan, dan lama kelamaan akan berubah menjadi hijau mengkilat.

Jenis-jenis daun mangga mempunyai ciri-ciri sebagi berikut:

  • Berbentuk lonjong memanjang dengan ujungnya berbentuk mata tombok.
  • Daun mangga ada yang berbentuk segi empat dengan ujungnya yang meruncing.
  • Daun mangga ada juga yang berbentuk bulat seperti telur, dengan ujung daun runcing seperti mata tombak.

Bunga

Artikel terkait

Bunga mangga biasanya berbulu dan mempunyai banyak cabang bunga majemuk. Bunga yang normal biasanya tumbuh dari tunas daun, bunga hermaprodit dapat menentukan bakal buah yang normal, yaitu dari 1,25%-77,9%. Jika bunga layu dan akan mati dapat dilihat dengan warna mahota bunga yang berubah menjadi kemerahan.

Bunga dari daun mangga ini memiliki banyak benang sari diantara dari sekian banyak benang sari, hanya dua yang dapat tumbuh subur, tetapi yang lainnya steril.Warna dari bunga mangga tersebut biasanya berwarna kuning pucat.

Bunga mangga memiliki kepala putik yang berwarna kemerah-kerahan dan biasanya jika kepala sari membuka warnanya pun akan berubah menjadi ungu, dan jika sudah sampai saatnya bentuk tepung sari biasanya berbentuk bulat memanjang.

Buah

Bentuk buah mangga ada yang bulat, lonjong memanjang dan masih banyak lagi dengan warna buah yang hijau, merah,kuning, dan juga ada perpaduan warna kombinasi. Buah mangga adalah buah yang berdaging lezat, manis dan jika belum matang rasanya masam dengan panjang buah yang mencapai 2,5-30 cm.

Itulah sedikit penjelasan tentang Morfologi dan Fisiologi tanaman mangga semoga bermanfaat bagi pembaca.

loading...
Morfologi dan Fisiologi Tanaman Mangga | Penulis | 4.5