Moss Untuk Media Tanam bunga Anggrek

Moss untuk media tanam bunga anggrek.Bahan moss berasal dari akar paku-pakuan atau kadaka. Jenis tumbuhan tresebut dan melekat di batang pohon besar di hutan. Keunggulan moss yaitu daya mengikat dan menyimpan air sangat baik, aerasi dan drainase udara baik; tidak cepat lapuk; mengandung unsur hara yang diperlukan untuk pertumbuhan tanaman; rongga udara banyak sehingga akar dapat tumbuh dan berkembang dengan leluasa.

Sebagai contoh, akar Osumunda yang banyak digunakan penganggrek di Amerika Serikat bagian timur, mengandung unsur nitrogen (N) 2-3%.Moss Untuk Media Tanam bunga Anggrek

Berdasarkan karakteristik, media paku-pakuan dikelompokkan menjadi empat.

Baca Juga:
Artikel terkait
  1. Sangat kasar, keras, dan tebal. Contohnya Cythea sp.
  2. Kasar dan keras. Contohnya: Osmunda sp.
  3. Halus dan keras. Contohnya: Asplenium falcatum Jenis ini akan melunakkan bila direndam dalam air.
  4. Lunak. Contohnya: Asplenium nidus Jenis ini sangat baik untuk pertumbuhan dan perkembangan akar tanaman yang baru dipisahkan dari tanaman induknya.

Di toko pertanian, banyak dijumpai media sphagnum moss. Media ini dapat mengikat air dengan sangat cepat dan menyimpan dalam waktu yang cukup lama. Oleh karena itu, media ini tidak dianjurkan untuk digunakan di daerah yang sering hujan.

Pada umumnya, media ini banyak digunakan pada anggrek Phalaenopsis. Namun, tempat untuk meletakkan tanaman anggrek tersebut, atapnya diberi lapisan penutup tembus cahaya yang diletakkan di atas paranet. Contohnya, plastik, fiber, atau sejenisnya.

Dengan demikian, tanaman anggrek tersebut tidak terkena curah hujan langsung yang dapat mengakibatkan busuk.

Penggunaan moss menemui kendala dengan ketersediaan bahan karena cenderung  langka. Bila pakis dan moss diambil terus-menerus dari hutan, dikhawatirkan keseimbangan ekosistem dapat terganggu. Beberapa pemerintah daerah pun mulai melarang eksploitasi dengan menerbitkan peraturan daerah.

loading...
Moss Untuk Media Tanam bunga Anggrek | Penulis | 4.5