Panduan Lengkap Cara Menanam Bunga Aglaonema

Panduan lengkap cara menanam bunga aglaonema.Sebelum penanaman Bunga Aglaonema dimulai, pot dan media tanam perlu dipersiapkan lebih dahulu. Sebagai wadah tanaman Aglaonema, pot perlu disesuaikan dengan penempatan tanaman. Artinya, tanaman yang akan diletakkan di dalam rumah perlu ditanam dalam pot keramik. Demikian juga dengan media tanamannya, perlu dipilih yang bersih dengan tetap mempertimbangkan kesesuaiannya dengan tanaman.images

Beberapa macam pot yang dapat digunakan sebagai waah penanaman aglaonema yaitu sebagai berikut.

Pot tanah liat

Baca Juga:

Sebenarnya pot tanah liat cukup bagus arena dindingnya dapat menyerap dan mebuang kelebihan air dalam pot. Kelemahan pot ini terletak pada sifat materinya yang mudah pecah dan mudah ditumbuhi lumut.

Pot plastik

Pot plastik paling banyak digunakan dalam penanaman aglaonema. Kekurangan pot plastik yaitu sifatnya yang tidak dapat menyerap air. Namun, kekurangan ini dapat diatasi dengan dibuatkan lubang pembuangan air (drainase) di dasar pot. Di Bangko, banyak dijjumpai pot plastik yang mempunyai lubang pembuangan air di samping bagian bawah, bahkan ada yang agak samping ke tengah, selain lubang di bagian bawah. Lubang-lubang tersebut berfungsi agar kelebihan air dapat terbuang dengan sempurna dan menjadi tempat pertukaran (sirkulasi) udara. Keadaan ini sangat menguntungkan terutama pad musim penghujan.

Pot keramik

Kelebihan pot ini hanya terletak pada keindahan gambar atau ukirannya. Untuk memanfaatkan kelebihan ini, tanaman dapat ditanam langsung dalam potĀ  tersebut atau tanaman yang ditanam dalam pot plastik dimasukkan ke dalam pot keramik beserta pot plastiknya.

Artikel terkait

Media tanam

Pada prinsipnya, aglaonema tidak emilih media tanamĀ  yang khusus. Namun, yang pasti media tersebut harus dapat menjaga kelembapan atau tidak terlalu basah dan mempunyai drainase yang baik. Beberapa basah media yang bisa digunakan yaitu potongan pakis, sekam bakar, pasir, dan coco peat. Bahan-bahan tersebut dikombinasikan untuk mendapatkan media yang baik. Beberapa contoh kombinasi bahan-bahan tersebut sebagai berikut.

  1. Sekam bakar dicampur coco peat dengan perbandingan 50:50. Lalu ditaburi pupuk lambat larut (slow release fertilizer) dengan dosis seperti di label. Oleh karena penyerapan coco peat terhadap air cukup banyak maka sebaiknya di bagian bawah pot atau lapisan paling bawah media diberri styrofoam yang relatif banyak. Dengan demikian, air akan mudah mengalir.
  2. Sekam bakar, coco peat, dan pasir malang dicampur dengan perbandingan 40:40:20. Setelah tercampur rata, ditabur pupuk lambat larut.
  3. Sekam bakar dicampur coco peat dan pasir malang dengan perbandingan 40:20:40. Setelah tercampur rata, diberi pupk lambat larut. Media ini cocok untuk tanaman muda yang tidak tahan terhadap air yang berlebihan.

PENANAMAN

Penanaman aglaonema tidak berbeda dengan tanaman lainnya, hanya di sini diperlukan styrofoam untuk memudahkan pembuangan air. Pot yang telah disiapkan diisi dengan styrofoam sekitar 1/3 pot. Lalu media dimasukkan hingga setengah pot.

Tanaman yang akan ditanam dikeluarkan dari pot atau wadah yang lama secara hati-hati. Perlu diperhatikan bahwa akar tanaman dijaga agar tidak rusak. Masukkan tanaman ke dalam pot, lalu beri media lagi hingga hampir penuh. Setelah disiram, tempatkan tanaman di tempat teduh.

loading...
Panduan Lengkap Cara Menanam Bunga Aglaonema | Penulis | 4.5